English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Prof Ojat: Tidak Ada Alasan Warga Luwu Utara Tidak Kuliah, Universitas Terbuka Terjangkau

FAJAR, LUWU UTARA-Saat ini sudah tidak ada lagi alasan warga Luwu Utara tidak kuliah karena alasan ekonomi karena ada Universitas Terbuka (UT) yang dapat terjangkau oleh siapa saja dan dimana saja berada.

UT hadir selaku PTN ke-45 dengan memberi kesempatan pendidikan tinggi bagi warga yang tidak terjangkau yang berada di daerah terpencil dan terpinggirkan.

Demikian penegasan Rektor UT, Prof Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, saat menjadi nara sumber pada sosialisasi dan promosi UT dilaksanakan Pokjar UT di Masamba Luwu Timur, Ahad 9 Oktober 2022.

Dijelaskan, keterjangkauan secara ekonomi juga memberi kesempatan kepada mahasiswa tidak perlu ke kota tetapi cukup di daerah masing masing dapat menjalani proses pembelajaran dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Lewat sistem pembelajaran jarak jauh warga yang tinggal di gunung, ngarai dan pinggir laut akan dengan mudah mengikuti pembelajaran pendidikan tinggi katanya.

Pada konteks pembelajaran jarak jauh, maka kampus UT yang mendatangi mahasiswa di rumah tempat tinggal masing masing.

Prof Ojat juga tegaskan mengikis mitos, kuliah di UT gampang masuknya, tetapi susah keluarnya. Kesan demikian terus dibenahi oleh manajemen baru sehingga kualitas pelayan terus diinovasi dan di kembangkan.

Salah satu bukti pelayanan terus ditingkatan penerimaan mahasiswa baru 2022 mencapai 140 ribu pencapaia luar biasa mencapai empat kali peningkatan, katanya.

Kepercayaan masyarakat kepada UT sudah mulai tinggi dan telah diketahui oleh masyarakat akan kehadiran UT selalu PTN dengan legalitas dan kualitas terjamin.

Pada penerimaan CPNS dua tahun lalu secara nasional lulus 20 ribu orang dan, sekitar 9000 diantaranya adalah alumni UT.

Kehadiran UT di Lutim jadi pilihan, selaku kampus PTN menjangkau yang tidak terjangkau dan siap melakukan sinergi memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Lutra.

Pada peserta sosialisasi ini dapat menyampaikan kepada keluarga dan handai tolan dan relasi lainnya tentang kehadiran UT di Lutra.

Penyampaian dari mulut ke mulut akan lebih dipercaya jika informasi itu dari media lainnya, katanya.

Kepala BKPSDM Kab. Luwu Utara
Drs. Nursalim, M.Si mewakili Bupati Lutra pada kesempatan itu menyatakan

UT adalah bagian dari hidup saya pernah jadi tenaga tutor di Malili dan sekitarnya, sehingga proses pembelajaran agak di mengerti, katanya.

Pada proses kerja di kantor seringkali berinteraksi dengan para alumni yang berkarier di kantor pemerintah di Luwu Utara.

Bagi pegawai memilih kuliah di UT tidak perlu ragu dari soal jarak, karena kalau lanjut studi di UT tidak ada hambatan dalam soal jarak.

Kelebihan dimiliki UT serta interaksi pada masa lalu sehingga ke depan pihaknya akan siap kampanyekan UT di tengah masyarakat, katanya.

Ikut dalam rombongan Rektor UT, dalam kunjungan kerja ke Lutim dan Lutra adalah Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan, Dr. Maya Maria, SE, MM, Staf Khusus Rektor UT asal Lutim Olivia Idrus dan rombongan lainnya, Umar.

Direktur UT Makassar, Drs. Hasanuddin, M.Si dan Pj Marketing Eksekutif UT Makassar membidangi Kerjasama, Sosprom, Humas dan Alumni, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM.

Turut hadir Pengurus Pokjar UT Luwu Utara, Bardin, S.Pd, M.Pd, dan Lina, RM. (*/)

News Feed