English English Indonesian Indonesian
oleh

Bikin Bangga, Xian Ma Wakili Indonesia Kompetisi Barongsai Internasional

FAJAR, MAKASSAR–Klub Barongsai Kelenteng Xian Ma Makassar akan mewakili Indonesia di kompetisi Internasional barongsai di Malaysia. Barongsai Xian Ma berlaga di
Taiping Global Festival and Lion Dance Competition 2022 pada Minggu, 25 September.

Ketua Klub Barongsai Xian Ma, Roy Panorama mengatakan sangat bangga karena ini merupakan kali pertama Xian Ma terpilih mewakili Indonesia di ajang Internasional. “Jadi ini sebuah kebanggaan yang luar biasa,” katanya.

Sebab itu, Roy mengaku sejak dua bulan lalu sudah meningkatkan latihan untuk persiapan kompetisi ini.
Yaitu latihan setiap hari.

Sehingga, ia memastikan saat ini pemainnya berjumlah 11 orang yang akan berangkat sudah sangat siap. Tim Xian Ma ini akan berlaga di kategori paling sulit, yaitu tonggak.

Kategori tonggak ini kata Roy itu standar penilaiannya menimal menampilkan 12 tingkat kesulitan untuk mendapat nilai plus 2. Tetapi Xian Ma sudah menyiapkan 15 tingkat kesulitan.

“Karena kalau dibawah 12 itu kita tidak dapat. Jadi kita optimis bisa juara,” katanya.

Roy menceritakan, Xian Ma terpilih mewakili Indonesia itu atas penunjukan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Pusat. Dimana pada kompetisi nasional 2019, Xian Ma juara keempat.

Seharusnya, yang berangkat itu juara 1 dan 2. Namun, karena juara 2 dan 3 berhalangan, sehingga Xian Ma selaku juara 4 dipanggil FOBI.

“Jadi yang wakili Indonesia itu Klub Barongsai Jakarta dan Makassar,” katanya.

Ketua FOBI Makassar, Yongris Lao
mengatakan ini suatu kebanggaan karena ribuan klub barongsai di Indonesia yang dipilih hanya dua, yaitu Xian Ma Makassar dan Jakarta. “Berarti kita ini sudah punya nama di Internasional,” ujarnya.

Kedua, ini membuktikan bahwa para pemain Xian Ma sudah terbukti punya permainan yang bagus. “Dan kami sangat bangga karena tidak hanya mewakili Xian Ma dan Makassar, tetapi Sulsel dan Indonesia,” kata pengusaha Tionghoa itu.

Dia menekankan bahwa pemain hebat dunia itu pasti memiliki kualitas mental dan ettitude yang baik. Kalau tidak punya itu tidak mungkin jadi pemain dunia.

Oleh sebab itu, ia berharap tim barongsai Xian Ma mempertahakan kualitas mental dan ettitude-nya. Ia juga berpesan akan tim menampilkan yang terbaik.

Menurutnya, tidak perlu berpikir mengalahkan orang atau menjadi lebih baik dari orang. Cukup menjadi terbaik dari dirinya sendiri.

Sebagai bentuk apresiasi, Yongris menyampaikan bahwa Wali Kota Makassar, Moh Ramadhan Pomanto telah menjanjikan bahwa jika tim ini juara maka akan diberikan hadiah. Apakah itu juara 1,2,3 atau harapan.

“Kita juga dari FOBI pasti akan berusaha kasi apresiasi dan dari yayasan Xian Ma,” jelas pria yang juga Ketua Permabudhi Sulsel itu.

Ketua Yayasan Kelenteng Xian Ma, Elsieh Heriawaty juga berpesan agar tim tampil dengan rileks. “Tidak perlu pikir kalahkan orang. Tampil saja yang terbaik,” pesannya saat pelepasan tim berangkat ke Malaysia di Kelenteng Xian Ma, Kamis, 22 September.

Elsieh juga meminta untuk menjaga nama baik panji Xian Ma. Khususnya nama Makassar dan negara.

“Jadi tunjukkan bawah Makassar bisa tong ji. Tunjukan bahwa kita bisa tampil baik,” harapnya. (mum)

News Feed