English English Indonesian Indonesian
oleh

Reyner Valiant Tumbelaka, Ahli Ortopedi yang Terjun Jadi ’’Dokter Pendaki”

Tentu sesuai dengan apa yang diketahuinya berdasar pengalaman dan keahliannya sebagai dokter. Edukasi tersebut diwujudkan dalam sebuah platform sosial media Instagram @Dokterpendaki.

’’Awalnya saya coba edukasi-edukasi kecil tentang kegiatan outdoor. Eh, banyak yang support dari banyak komunitas para pendaki, ada juga dari APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia) dan komunitas pencinta alam,” ucap alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya itu.

Platform edukasi tersebut digagas sejak Agustus 2020. Edukasi yang diberikan selalu berbasis ilmiah. Pembahasan mengenai kegiatan outdoor dikemas secara profesional dalam bahasa yang mudah dipahami khalayak.

’’Dengan latar belakang saya sebagai dokter spesialis ortopedi dan traumatologi, saya beri pengetahuan tentang pencegahan hingga penanganan korban ketika dalam pendakian,” katanya.

Edukasi dimulai dari hal-hal yang umum. Mulai perawatan luka, penanganan keram, luka bakar, bantuan hidup dasar, hingga spesifik acute mountain sickness, juga transportasi korban di tengah pendakian. Tidak hanya itu, Reyner juga berupaya memberikan pencerahan kepada para pendaki terkait dengan sejumlah mitos yang erat kaitannya di dalam pendakian.

Dia juga menggandeng para dokter spesialis yang kompeten dalam membahas mitos-mitos tersebut. ’’Contohnya tentang kesurupan, hipotermia, dan mengusir ular dengan garam. Semua itu bisa dijelaskan secara ilmiah,” jelas anak kedua di antara tiga bersaudara tersebut.

Reyner menggelar pula kelas-kelas khusus bagi pencinta alam. Semuanya tanpa memungut bayaran. Saat ini platform Dokter Pendaki di Instagram yang dikelolanya itu sudah berkembang pesat. Dalam kurun waktu dua tahun, pengikutnya mencapai lebih dari 16 ribu. ’’Dari sini, saya juga kerap diminta mengisi webinar atau seminar di kampus-kampus tentang outdoor medicine,” tutur dia.

News Feed