English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Gelar Seleksi PEKSIMIDA untuk Lomba Vokal Grup dan Fotografi, Peserta Bersaing Berebut Tiket Kompetisi Nasional

FAJAR, MAKASSAR– Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Lomba Vokal Grup dan Fotografi, di Baruga Andi Pangeran Pettarani Unhas, Selasa 20 September 2022. Itu untuk merealisasikan mandat untuk melaksanakan dua tangkai lomba dalam ajang seleksi Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Tingkat Daerah (PEKSIMIDA) Se-Sulawesi Selatan dari Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) mewakili Rektor Universitas Hasanuddin.

Prof Ruslin menyampaikan, apresiasi dan kepercayaan dari BPSMI Sulawesi Selatan kepada Unhasuntuk melaksanakan dua tangkai lomba.

Kegiatan-kegiatan seperti itu kata dia, memang harus sering dilaksanakan, sebab mahasiswa Unhas harusnya tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga mesti dibekali kemampuan softskill yang beragam sesuai dengan talenta mereka masing-masing. “Ini agar mereka ke depannya mampu berkontribusi nyata dalam masyarakat,” jelasnya.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, Abdulaah Sanusi, SE., MBA., Ph.D mengatakan, sebanyak 6 grup akan bertanding hari ini untuk Lomba Vokal Grup, terdiri atas utusan tim vocal grup S1 STIFA Makassar, D3 STIFA Makassar, Universitas Muslim Indonesia, dan 3 grup yang menjadi perwakilan tim Vocal Grup Universitas Hasanuddin yakni PSM Unhas, D’B3 Voice FISIP dan Humanistik FISIP.

Untuk tangkai lomba fotografi diikuti, 14 peserta, yakni dari AMIK Ibnu Khaldun Palopo mengirim 2 peserta, Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar mengirim 2 peserta, STIFA Makassar mengirim 2 peserta, Universitas Muslim Indonesia mengirim 1 orang dan Universitas Hasanuddin mengirim 7 orang peserta.

“Jadi kami membuka pendaftaran dengan membuka seluas-luasnya untuk mengirim lebih dari satu peserta dalam tiap kategori lomba,” jelasnya.

Peserta lomba fotografi dilaksanakan dengan sistem on the spot dan area pengambilan gambar hanya di Kota Makassar juga berlangsung, 20 September 2022.

“Besok panitia akam mengumumkan hasil lomba hari ini dan dapat dilihat melalui web kemahasiswaan Unhas dan instagram kemahasiswaan Unhas,” bebernya.

Para Juara

Saat ini dalam seleksi PEKSIMIDA Se-Sulawesi Selatan untuk tangkai lomba lagu Pop dan Keroncong mahasiswa utusan Universitas Hasanuddin telah meraih masing-masing Juara 1.

Tangkai lomba Lagu Pop Putri dilaksanakan oleh Universitas Bosowa dan mahasiswa kita Rieka Zalzabila dari Departemen Teknik Informatika Fak. Teknik sebagai Juara 1 dan Juara III atas nama Nadya Febrina Alfin dari Departemen Antropologi FISIP Unhas.

Untuk kategori Lagu Pop Putra mahasiswa kita Fahmi dari Fakultas Hukum berhasil meraih Juara II. Lalu Tangkai Lomba Lagu Keroncong yang dilaksanakan oleh Universitas Atmajaya mahasiswa kita dari Fak. Hukum Alika Fadya Rachman juga berhasil sebagai Juara 1.

“Selamat untuk anak-anak kami yang memberi kebanggan untuk almamaternya, para Juara dalam setiap tangkai seleksi PEKSIMIDA nantinya akan menjadi wakil Sulawesi Selatan untuk berkompetisi di tingkat nasional. Semoga mereka semua nantinya mengharumkan nama Sulawesi Selatan,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, Prof Ruslin. (ham/*)

News Feed