English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa TKJ PNUP Kembangkan Aplikasi Sapeda

MAKASSAR,FAJAR– Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Program Studi (Prodi) Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), membuat aplikasi untuk mempermudah pencatatan peserta didik baru saat magang di kantor Kemenag Pangkep. Aplikasi itu dinamai Sapeda atau Sistem Aplikasi Peserta Didik Baru.

Koordinator Prodi TKJ PNUP, Eddy Tungadi, menjelaskan bahwa sebenarnya ini bukan inovasi baru, hanya pengembangan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sudah ada. Mahasiswa, kata dia, mengelola PPDB secara menyeluruh untuk Madrasah Aliyah (MA) yang ada di Kabupaten Pangkep. “Ini dilakukan karena saat magang di sana, mahasiswa terkendala dengan sekolah swasta yang belum memiliki sistem aplikasi PPDB, jadi pencatatan siswa dilakukan secara manual,” ungkapnya saat kunjungan industri ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkep, Sabtu, 17 September 2022.

Menurutnya, alat yang dikembangkan mahasiswa PNUP ini ke depannya akan dimanfaatkan untuk PPDB di Madrasah Aliyah Kabupaten Pangkep yang selama ini selalu terkendala dalam melakukan pencatatan siswa baru. Untuk fungsi dan sistemnya, hampir mirip dengan PPDB pada umumnya di tiap sekolah, hanya saja PPDB kali ini mencakup satu kabupaten. “Untuk sekolah, alat ini mempermudah pencatatan peserta didiknya. Sedangkan untuk kantor Kementerian Agama, mempermudah manajemen madrasah se-Kabupaten Pangkep. Manajemen ini termasuk monitoring dan arsip,” jelas Eddy.

Kepala MAN Pangkep, Abd Hafid saat menerima kedatangan rombongan pimpinan dan dosen PNUP mengaku sangat bersyukur atas jalinan kerja sama yang dibangun PNUP dengan sekolah yang dinaunginya. (gus)

News Feed