English English Indonesian Indonesian
oleh

Pangdam Tegaskan TNI Solid

“Demi Allah, demi Tuhan, saya tidak pernah men-judge sebagaimana yang beredar. Apalagi saya sendiri juga bagian dari keluarga besar TNI,” ujar Effendi dalam konfrensi pers terbuka yang dilakukan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu, 14 September.

“Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya mohon maaf atas apapun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, yang tidak nyaman di hati para prajurit. Siapapun dia, mulai dari tamtama, bintara, para perwira, bahkan para sesepuh TNI,” tuturnya yang didampingi Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto.

Dari klarifikasi yang disampaikannya, dirinya menjelaskan ucapan gerombolan atau seperti ormas, dimaksudkan kepada kepatuhan TNI dan harmonisasi di lingkaran TNI.

“Saya menyadari bahwa kemudian itu menjadi tidak nyaman kemudian tidak elok, dan juga beberapa pihak jadi tersinggung atau sakit hati dengan kata-kata yang keluar dari saya. Soal gerombolan dan ormas, yang sejatinya sejujurnya saya tidak pernah menstigmakan TNI gerombolan. Tetapi lebih kepada kalau tidak ada kepatuhan, kalau tidak ada harmoni itu, seperti gerombolan dan seperti ormas,” pungkas Effendi. (maj/yuk)

News Feed