English English Indonesian Indonesian
oleh

Indonesia U-20 vs Timor Leste U-20: Tetap Respek

FAJAR, SURABAYA—Timnas Indonesia U-20 akan memulai laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menghadapi Timor Leste U-20, malam ini. Tiga poin menjadi harga mati bagi anak asuh Shin Tae-yong untuk menjaga peluang lolos ke putaran final di Uzbekistan, tahun depan.

Sebagai tuan rumah, target mengamankan tiga poin di Stadion Gelora Bung Tomo jelas sangat masuk akal. Dukungan melimpah suporter jelas akan menjadi tambahan spirit tersendiri bagi anak asuh Shin Tae-yong.

Selain status tuan rumah, kualitas Tim Garuda Muda memang lebih baik. Itu merujuk pada hasil Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung Juli lalu. Meski sama-sama finis di peringkat ketiga grup masing-masing, Indonesia tidak menelan satu pun kekalahan. Sebaliknya, Timor Leste dalam empat laga mereka mengalami dua kekalahan.

Kendati demikian, Shin Tae-yong tidak berani meremehkan Timor Leste. Menurutnya, calon lawan mereka menunjukkan peningkatan signifikan di Piala AFF lalu.

“Tidak boleh meremehkan siapapun, Timor Leste menunjukkan pertandingan yang baik saat AFF. Saya melihat langsung, jadi pemain Indonesia tidak boleh lengah dan harus bekerja maksimal,” kata Shin dalam sesi jumpa pers, kemarin.

Tapi Shin juga menyadari bahwa kemenangan menjadi harga mati. Apalagi, hanya 10 juara grup yang dipastikan lolos langsung ke Uzbekistan. Sementara peringkat kedua harus bersaing untuk berebut tiket sebagai lima runner-up terbaik.

“Sebagai tuan rumah, kami harus bekerja maksimal, dan pastinya juga akan berusaha untuk mendapatkan prestasi,” tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Untuk kualifikasi ini, Shin menyiapkan pemain-pemain yang sebagian besar tampil di Piala AFF U-19. Termasuk Cahya Supriadi, Muhammad Ferari, Ahmad Rusadi, Kakang Rudianto, Arkhan Fikri, Marcelino Ferdinan, Hokky Caraka Bintang Briliant, hingga Ronaldo Kwateh.

Menurut Shin, 23 pemain yang ia daftarkan sudah mengalami perkembangan yang positif dan siap tampil di Kualifikasi Piala AFC U-20 ini. “Dengan materi pemain yang ada saya optimistis dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-20 2023 mendatang,” ujar Shin Tae-yong di situs resmi PSSI.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan, Garuda Nusantara ini merupakan cikal bakal skuat Piala Dunia U-20 tahun depan. Makanya, mereka harus bisa tampil bagus dan lolos ke putaran final Piala AFC U-20 2023.

“Tim U-20 Indonesia ini merupakan cikal bakal skuat yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Untuk itu, saya harap Marselino Ferdinan dan kawan-kawan berjuang maksimal, fokus, disiplin dan tidak meremehkan lawan pada ajang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 ini,” kata Iriawan.

Sementara itu, Pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy mengatakan timnya siap menghadapi Indonesia. Menurutnya, mereka akan berusaha menampilkan performa terbaik di laga perdana ini.

“Kami tidak ada strategi khusus untuk melawan Indonesia. Kami hanya ingin menampilkan sebuah persembahkan yang terbaik. Itu saja,” kata Gopalkrishnan A S Ramasamy saat konferensi pers, Selasa kemarin.

Gopalkrishnan A S Ramasamy menjelaskan, pendekatan mereka sangat terbuka untuk laga ini. “Kami menghormati Indonesia. Kita akan melihat bagaimana (laga) itu berlangsung,” jelasnya.

Meski terkesan cukup santai, Gopalkrishnan tetap punya kekhawatiran menyambut laga ini. Sorotan utamanya adalah mental pemain. Ia mengaku khawatir pemain Timor Leste tidak bisa mengontrol emosi.

Sama seperti Indonesia,, Timor Leste juga akan mengandalkan pemain-pemain yang tampil di di Piala AFF U-19. Khususnya nama-nama seperti Mário Quintão, Luís Ribeiro, Cristevão Fernandes, Xavier Olagar, dan Zenivio Mota.

Di level U-19, Indonesia dan Timor Leste baru bertemu sekali. Kedua negara bersua di Piala Asia U19 2020 di mana saat itu Garuda Muda menang 3-1. (amr/)

Prakiraan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (3-5-2): Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari; Zanadin Faris, Arkhan Fikri, Achmad Maulana, Roby Darwis, Alfrianto Nico; Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka

Timor Leste (4-3-3): Filonito; Ricardo Bianco, Jaimito, Xavier, João; Revelino, Dos Santos, Cristevao Fernandes; Ribeiro, Anizo Correia, Mario Quintao

News Feed