English English Indonesian Indonesian
oleh

Pesisir HIMAB Unhas dan Sima El-Wathaniyah Gelar Pertunjukan Seni Timur Tengah

FAJAR, MAKASSAR-Pecinta Seni Padang Pasir(Pesisir) Himpunan Mahasiswa Sastra Asia Barat Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (HIMAB KMFIB-UH) bekerja sama dengan Sima El-Wathaniyah Indonesia dan Departemen Sastra Asia Barat menggelar pertunjukan seni timur tengah.

Pertunjukan bertajuk “Dunia Seni dan Kreativitas” di Aula Prof. Mattulada Fakultas Ilmu Budaya, Kamis, 8 September. Pertunjukan seni ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin, Andi Syahrum Makkuradde, Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya, Mardi Adi Armin, Dosen-dosen Sastra Asia Barat, dan Para Alumni Sastra Asia Barat. Acara diawali dengan pembawaan musikalisasi puisi oleh Wahyuni Islami dan Dhiaul Haq Aslama.

Ketua Umum HIMAB KMFIB-UH Nurul Muhlisha berterima kasih kepada para tamu undangan dan alumni yang telah hadir. Mahasiswa angkatan 2019 itu juga menjelaskan, tujuan diselenggarakannya pentas seni tersebut adalah sebagai wadah pengembangan bakat dan minat warga HIMAB.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk apresiasi terhadap mahasiswa-mahasiswi maupun alumni Sastra Asia Barat Unhas yang memiliki bakat di bidang seni, khususnya seni berbau timur tengah,” tuturnya.

Manajer dari Sima El-Wathaniyah, Fathur R mengatakan, menyajikan pertunjukan marawis adalah bagian dari memperkenalkan seni timur tengah kepada dunia. Alumni Sastra Asia Barat 2004 ini pun berharap agar kolaborasi semacam ini tidak boleh berhenti di sini dan harus tetap terselenggara.

Koordinator acara dan Kepala Laboratorium Seni dan Budaya Arab Unhas, Fadlan Ahmad mengatakan, pentingnya kolaborasi seni musik islami, arabi, dan budaya lokal. “Diperlukan untuk menyemarakkan budaya lokal berirama dengan seni musik islami dan arabi,” jelasnya. Acara juga dilanjutkan dengan beberapa penampilan, yaitu pentas musik, marawis, tarian sufi, puisi dan diakhiri dengan pembawaan lagu daerah Sulawesi Barat (*/ham)

News Feed