English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelindo Regional 4 Latih Penyandang Disabilitas Berwirausaha

FAJAR, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar program “Menembus Batas Difablepreneur”. Program ini memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas yang memiliki usaha untuk dapat mengembangkan usahanya dengan memberikan pelatihan dan workshop wirausaha.

Kegiatan ini melibatkan 30 orang penyandang disabilitas. Digelar di Manado, selama 30 Agustus hingga 1 September 2022.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, lapangan pekerjaan kerap menjadi masalah utama yang dialami oleh para penyandang disabilitas. Keterbatasan dari segi fisik kerap kali dilihat oleh masyarakat sebagai bentuk ketidakmampuan.

“Stigma yang masih bertahan hingga detik ini di sebagian besar masyarakat, bahwa penyandang disabilitas adalah makhluk yang perlu dikasihani dan diberi santunan. Padahal mereka juga dapat berkarya apabila diberi kesempatan dan akses,” ujar Enriany.

Badai pandemi Covid-19 yang kini perlahan mulai berangsur reda, membuat banyak sektor usaha yang akhirnya harus beradaptasi kembali dan bertahan dengan caranya masing-masing. Salah satu faktor atau subjek yang terdampak adalah penyandang disabilitas.

Dampak ini membuat mereka semakin sulit untuk bertahan hidup. Di Indonesia, penyandang disabilitas banyak yang memiliki usaha, namun usaha yang mereka tekuni hampir tidak berkembang. Hal ini disebabkan karena penyandang disabilitas belum begitu memahami bagaimana mengembangkan usaha secara adaptif dan inovatif, serta ber-relasi dengan dunia digital yang semakin canggih.

News Feed