English English Indonesian Indonesian
oleh

Warga Desa Kamiri Barru Praktik Cegah Diabetes dan Sikat Gigi yang Benar

FAJAR, MAKASSAR -Warga Desa Kamiri, Kecamatan Bulusu, Kabupaten Barru mendapat edukasi dan praktek tentang pencegahan dan pengobatan diabetes melitus, serta cara menyikat gigi yang benar.

Penyuluhan ini disampaikan tiga dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat. Di antaranya, Prof drg Masriadi, Fitriana M. Kes dan dr. Hasta Handayani.

Masriadi mengatakan, kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan tentang upaya pencegahan dan pengobatan diabetes melitus oleh dr Hasta Handayani dan penyuluhan mengenal odol herbal dari JaSeKeh oleh Fitriana, Apt, serta penyuluhan cara menyikat gigi yang benar oleh Prof drg Masriadi.

Masriadi menambahkan kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengubah pola pikir dan mengubah perilaku masyarakat agar menjadi perilaku bersih dan sehat.

Termasuk, kata dia, ialah cara menyikat gigi yang baik dan benar, pengukuran kadar halitosis serta penggunaan odol herbal tersebut.

“Kader kesehatan dan ibu rumah tangga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini. Hal ini dilihat dengan banyaknya pertanyaan dan praktek menyikat gigi-nya,” kata Masriadi.

Selain itu, upaya ini juga, lanjut dia, sebagai tambahan ilmu dan pengalaman baru terutama dalam menyikat gigi dan pembuatan odol herbal JaSeKeh. (bus/ham)

News Feed