English English Indonesian Indonesian
oleh

Mengenal UT, Kampus Negeri dengan Sistem Kuliah Mudah

FAJAR,MAROS–Banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa Universitas Terbuka (UT) Pokjar Maros adalah salah satu PTN di Sulsel. Hal demikian terkait dengan status UT yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 yang statusnya sama dengan PTN lainnya yang ada di Sulsel seperti UNHAS, UNM, dan UIN Alauddin.

Itu menjadi kebanggaan tersendiri, seperti diceritakan oleh Alumni Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Putriani kepada media pada akhir Agustus 2022. “Pilihan untuk lanjut studi perguruan tinggi ke UT karena merasa cocok dengan kebutuhan, di mana kedua orang tidak mengizinkan kuliah di tempat yang jauh. Selain itu ada dukungan dari kakaknya yang juga merupakan alumni UT dari Pokjar Kupang,” ungkap perempuan kelahiran Maros tersebut.

Akhirnya, pada 2016 silam Putri masuk ke UT setelah lulus dari SMA 1 Maros, dan SK Yudisium selaku sarjana pendidikan UT telah keluar pada Juni 2022.”Kesan saya saat kuliah di UT awalnya kesulitan melakukan adaptasi perkuliahan yang menuntut harus belajar secara mandiri,” cerita Putri.

Ketika memasuki semester empat, perkuliahan dia merasa tidak mengalami peningkatan capaian pembelajaran. Maka dirinya memberanikan diri untuk mengenal lebih jauh teknologi komunikasi dan informasi guna mempercepat adaptasi mengenai perkuliahan UT.

“Lewat pengenalan dan pemahaman penggunaan teknologi informasi dan komunikasi saya mulai dari cara belajar mandiri. Itu sebagai media penunjang peningkatan belajar dan informasi terkait perkuliahan,” papar wanita kelahiran 1998 itu.

News Feed