English English Indonesian Indonesian
oleh

Unik, Pelajar SMP-SMA Selayar Rayakan 17 Agustus dengan Fashion Show Daur Ulang

FAJAR, MAKASSAR -Pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Kepulauan Selayar menyambut kemerdekaan RI dengan mengikuti lomba Fashion Show Daur ulang pada kegiatan Festival Cagar Biosfer Taka Bonerate – Kepulauan Selayar di Taman Pelangi Kabupaten Kepulauan Selayar.

Para peserta tampil memperagakan busana yang terbuat dari barang bekas. Bahan-bahan ini dipadukan jadi seragam, jaket, busana bahkan baju bodo.

Perwakilan dari SMA Negeri 1 Selayar misalnya komponen desainnya berasal dari spanduk bekas, koran, kain perca, kelopak kelapa kering, kantong dan botol plastik. Ada juga terbuat dari sabuk dan tempurung kelapa serta tusuk sate.

“Konsep desain sesuai teman daur ulang. Trash bag atau kantong plastik sampah kami gunakan. Ini kami manfaatkan dengan satu bahan utama, yang lainnya kantong plastik dan bungkus mi instan,” kata Guru SMK Negeri 1 Selayar, Andi Sofyan Nur.

Kepala Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate Faat Rudhianto mengatakan kegiatan ini untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kegiatan ini dalam rangka menumbuhkembangkan collective awareness masyarakat Kepulauan Selayar terhadap program Cagar Biosfer Taka Bonerate-Kepulauan Selayar. Dan berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT-77 Kemerdekaan RI dan rangkaian road to Hari Konservasi Alam Nasional 2022,” jelasnya.

Adapun kegiatan festival ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Selayar, Mesdiyono. Berbagai kegiatannya antara lain, talkshow komunitas dan UMKM, pelepasan tukik, bersih pantai, penyuluhan, karnaval dan kampanye lingkungan.

Dewan juri yang dihadiri terdiri Ketua DWP BTN Taka Bonerate, Thabita Parrangan; Kepala Seksi Wilayah II Jinato, Nur Aisyah Amnur; Wakil Ketua Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia Selayar, Andi Lisma dan Presenter TV Mudrikan Nacong yang menilai dari kreativitas busana dan desain, make-up, keserasian gerak dan jalan, serta penguasaan panggung. (bus/*)

News Feed