English English Indonesian Indonesian
oleh

Lagi Viral, Nato Kaya Zat Antioksidan dan Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

FAJAR.CO.ID — Nama makanan asal Jepang, Nato, kini viral di jagat media sosial. Nato yang sering disebut sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi, merupakan olahan fermentasi kacang kedelai.

Tekstur makanan ini sangat unik karena lengket dan berlendir.

Dalam proses fermentasi, nato menggunakan mikroorganisme Bacillus Subtilis. Dari proses ini akan menghasilkan aroma yang cukup menyengat dan rasa seperti kacang. Selama proses fermentasinya ini akan menghasilkan enzim-enzim yang baik untuk kesehatan.

Adapun enzim yang dimaksud dalam Nato bernama nattokinase. Nattokinase ini mengandung zat antioksidan yang berguna untuk organ pencernaan serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, enzim nattokinase ini dipercaya mampu membuat gumpalan darah dapat larut dalam tubuh. Untuk memperkaya rasanya biasanya orang Jepang mengkonsumsinya dengan menambahkan bahan lain seperti kecap, telur mentah atau mustard.

Dr. Dion Haryadi dalam unggahan video TikToknya mengatakan bahwa Nato memiliki kandungan simbiotik yakni probiotik dan prebiotik.

Probiotik merupakan suatu jenis mikroorganisme yang baik untuk tubuh. Sedangkan, prebiotic merupakan suatu komponen yang dapat membantu kerja zat probiotik ini. jadi, dapat dikatakan makanan ini sangat kaya gizi.

Namun, karena teksturnya yang tidak biasa, beberapa orang tidak menyukai makanan ini. terlebih dengan aromanya yang sangat menyengat, bahkan terkesan berbau apek menjadikan makanan ini tidak familiar bagi orang Indonesia.

News Feed