English English Indonesian Indonesian
oleh

Ruang Kolaborasi Perempuan Tingkatkan Kapasitas Perempuan Muda

FAJAR, MAKASSAR-Ruang Kolaborasi Perempuan melaksanakan kegiatan dengan semangat Empowering Women For The Nation. Kegiatan ini bekerja sama dengan Kendra Kendra Scott Women’s Enterpreneurial Leadership Institute, The University Of Texas at Austin.

Direktur KS WELI, Lesley Jacob Robinson hadir langsung untuk memberikan kuliah tamu di Universitas – Universitas yang ada di Makassar serta menjadi fasilitator pada training Women Lab Bootcamp.

Woman Lab Bootcamp (WLB) adalah project pemberdayaan perempuan muda untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan melalui pelatihan, lokakarya, dan pendampingan di bidang kewirausahaan, kepemimpinan dan teknologi.

Project ini merupakan bagian dari program YSEALI Resiprocal project dari alumni YSEALI (Young Southeast Asian Leadership Initiative) di Indonesia, sebuah program kepemimpinan untuk para pemimpin muda dari Asia Tenggara untuk belajar di Amerika Serikat dan mengimplementasikan ilmunya ke negara asal. Kegiatan Launching ini dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2022 di Ballroom Universitas Fajar.

Sebanyak 27 peserta yang ikut. Mereka terpilih melalui proses seleksi mulai dari rekomendasi kampus, mengisi survei, dan proses interview. Para peserta berasal dari sembilan universitas yaitu, Universitas Hasanuddin, UNM Makassar, UIN Alauddin, UNISMUH Makassar, UNIFA, STIE Nobel, STIE YPUP, UNISMUH Parepare dan Universitas Kristen Indonesia Toraja.

Selain itu ada juga peserta juga berasal dari komunitas dan juga dari disabilitas (teman tuli). Mereka yang terpilih ini kemudian akan melngikuti serangkaian kegiatan lokakarya dan pendampingan dengan para mentor sampai bulan Oktober 2022 mendatang.

Launching Woman Lab Bootcamp (WLB) mendapatkan dukungan dan apresiasi besar oleh Wali Kota Makassar yang memberikan perwakilannya untuk Launching WLB. Hadir pula Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, Kadis Koperasi dan UMKM, Wakil Rektor 1 Unifa, Kadis Perdagangan Makassar, Perwakilan pusat Studi Gender dan Anak, Host Family Alumni YSEALI dan Mery Trechock Assistant Cultural Attandent U.S Embasssy Jakarta.

Narasumber di kegiatan ini adalah Lesley Robinson, Founder dan Direktur Kendra Scott Women’s Enterpreneuriaal Leadership Institute The University Of Texas, Amerika Serikat, sebuah pusat kolaborasi bisnis perempuam di Amerika Serikat.

Ia datang ke Makassar sejak tanggal 30 Juli hingga 10 Agustus mendatang untuk mengikuti serangkaian kegiatan women lab. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan berupa guest lecture dan workshop di beberapa Universitas di Makassar yaitu di UIN Alauddin, UNISMUH Makassar dan Universitas Fajar.

Selain memberikan pemahaman tentang kewirausahaan bagi perempuan muda, ia juga memberikan pemahaman tentang program-program yang ada di Amerika Serikat untuk bisa diimpelemntasikan di Indonesia. Kegiatan ini sangat inklusif karena ikut menghadirkan penerjemah bahasa indonesia dan juga bahasa issyarat untuk teman tuli.

Lesley menyampaikan, motivasi tentang pentingnya belajar dan berdaya. “Pada usia remaja, kamu harus memahami bahwa pada usia 20a an dan remaja ini hidup kamu tidak akan mudah, apa yang kamu harapkan tidak selalu akan terjadi sesuai keinginan , selalu bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidupmu, pekerjaan, gaji dan jabatanmu adalah bukan segalanya dan selalu lah belajar dan bertumbuh,” ujarnya.

Waode Surya Darma dari tim Ruang Kolaborasi Perempuan pun memberikan semangat bagi para peserta untuk bisa konsisten mengikuti serangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama 2 bulan ke depan.

“Melalui program ini kita menyambung harapan baik bagi perempuaan – perempuan muda yang untuk mengisiisi gelas yang teman-teman dengan ilmu dan bagilah ilmu tersebut. Jangan biarkan hanya tertumpah percuma, tetapi biarkan itu menjadi penghilang dahaga orang lain juga,” katanya. (*/ham)

News Feed