English English Indonesian Indonesian
oleh

Ombudsman Gelar Workshop Kepatuhan Pelayanan Publik kepada OPD se-Sulsel

FAJAR, MAKASSAR – Ombudsman RI Perwakilan Sulsel menggelar Workshop Pendampingan Penilaian Kepatuhan terhadap Undang-Undang Pelayanan Publik kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Sulsel, di Makassar, Rabu, 3 Agustus

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulsel Ismu Iskandar mengatakan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik pada 2022 ini akan dilaksanakan lebih komperhensif dan akan menghasilkan Opini Pelayanan Publik.

“Opini ini akan menjadi acuan dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia khususnya Sulsel,” kata Ismu, di sela-sela sambutanya.

Ismu juga memaparkan bahwa tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, penilaian tahun ini menilai dari aspek input, proses, output, dan pengaduan.

“Penambahan aspek itu dilakukan untuk memberikan cermin yang lebih besar dalam melihat kondisi dan kualitas layanan di setiap tingkat layanan. Penilaian akan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen sehingga lebih menyeluruh,” paparnya.

Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat mengatakan dukungan dan komitmen dari pemprov untuk perbaikan kualitas layanan publik dan reformasi birokrasi.

Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol Ai Afriandi menyampaikan komitmen dari Kapolda Sulsel untuk meng’hijau’kan standar pelayanan publik yang setiap tahun menjadi prioritas dari polri dalam perbaikan layanan publik di lembaga ini.

“Untuk pengelolaan pengaduan, kami juga sudah memiliki aplikasi e-dumasan untuk mempermudah masyarakat menyampaikan keluhan dan aduan terkait layanan polri,” ucap Ai Afriandi.

Workshop pendampingan ini juga turut dihadiri secara virtual oleh 250 lebih peserta dari OPD Se-Sulsel dari Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal-PTSP, Dinas Sosial, Dinas Dukcapil dan Puskesmas.

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama pemenuhan standar layanan publik oleh seluruh perwakilan kabupaten/kota sebagai bentuk deklarasi dan janji untuk peningkatan kualitas layanan di masing-masing instansi/unit penyelenggara layanan publik.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Se-Sulsel, Kepala Kepolisian Resor Se-Sulsel, Kepala Kantor Pertanahan Se-Sulsel, dan Kepala Bagian Ortala Se-Sulsel. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bambang Priyono selaku Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Prov. Sulsel. (bus)

News Feed