English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Kimia Unhas Latih Siswa SMA di Maros Ukur Emisi Kendaraan Bermotor

FAJAR, MAROS-Bentuk kepedulian dosen-dosen Unhas terhadap lingkungan, Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Kimia Fakultas MIPA Unhas melakukan pelatihan pengukuran emisi gas CO dan NOx terhadap kendaraan bermotor di SMA Negeri 1 Maros.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan informasi kepada siswa dan guru SMA Negeri 1 Maros tentang bahaya emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu juga memperkenalkan alat Portable Emission Analyzer PEM-9004 dalam mengukur emisi gas buang, terutama emisi gas karbon monoksida (CO) dan nitrogen oksida (NOx).

Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 60 siswa serta beberapa staf pengajar SMA Negeri 1 Maros pada Sabtu, 23 Juli lalu. Kegiatan ini dibuka oleh salah satu guru SMA Negeri 1 Maros dengan memperkenalkan anggota tim pengabdian yaitu Prof. Dr. Abd. Wahid Wahab, M.Sc. (ketua Tim Pengabdian) dan anggotanya yakni Dr. Nursiah La Nafie, M.Sc., Prof. Dr. Paulina Taba, M.Phil., Dr. Abdul Karim, M.Si., Dr. Yusafir Hala, M.Si., Dr. Maming, M.Si., Andi Muhammad Anshar, S.Si., M.Si., serta 2 orang mahasiswa atas nama Ida Ifdaliah Amin dan Triana Febrianti.

Prof. Wahid menjelaskan bahwa salah satu kewajiban dosen-dosen adalah menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, dilanjutkan dengan pemaparan tentang bahaya gas CO dan NOx. Emisi gas CO yang melebihi kadar normal dapat menyebabkan terjadinya peningkatan Carboxy haemoglobin (CO-Hb) yaitu CO bisa bereaksi dengan hemoglobin darah dalam tubuh kita.

“Akibatnya fungsi hemoglobin yang semula membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh terhalangi, sehingga dapat menyebabkan keracunan dan sesak napas bahkan dapat mengakibatkan kematian sel jika jumlah gas CO yang masuk ke dalam tubuh tersebut melebihi nilai ambang batas,” Papar Prof Wahid selaku ketua Tim Pengabdian.

Siswa sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena selain pemaparan tentang bahaya emisi gas dan penggunaan alat PEM-9004 dalam mengukur emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan motor mereka. Siswa juga dimotivasi dan diajarkan trik menarik dalam menghafal Tabel Periodik Unsur Kimia sehingga mereka melihat ilmu kimia termasuk mata pelajaran yang sangat menyenangkan dan ternyata tidak terlalu sulit untuk dipelajari. (mil/*)

News Feed