English English Indonesian Indonesian
oleh

Tahun Baru Islam, SIT Al-Biruni Mandiri Makassar Gelar Pawai Syiar Muharram

FAJAR, MAKASSAR-Menjelang perayaan tahun baru Islam 1444 Hijriah. Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Biruni Mandiri Makassar menggelar Pawai Syiar Muharram di Taman Pakui Sayang Jl. A. P. Pettarani pada Jumat, 29 Juli 2022.

Pawai Syiar Muharram ini diadakan dengan tujuan memperkenalkan siswa-siswi dan masyarakat tentang Tahun baru Islam. Kegiatan ini mengangkat tema “Wonderful Muharram for a New You”.

Ketua Pelaksana Syiar Muharram 1444 H, Maratus Solihah menuturkan, Pawai Syiar Islam ini merupakan semarak perayaan tahun baru Islam yang dibalut pada kegiatan Syiar Muharram 1444 H. Menurutnya, pawai Syiar Muharram ini bertujuan untuk memperkenalkan tahun baru Islam.

“Jadi kegiatan ini merupakan Pawai Syiar Muharram untuk memperkenalkan tahun baru Islam. Jadi seluruh siswa-siswi dari SIT AL-Biruni Mandiri itu long march menuju unit sekolah masing-masing yaitu di jalan karantina dan jalan Urip Sumoharjo,” tuturnya kepada FAJAR, Jumat, 29 Juli.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan rangkaian kegiatan yang menjadi semarak pada kegiatan Syiar Muharram 1444 Hijriah ini. Sebelum melaksanakan Pawai, siswa dihimbau pada tiap kelas dan tingkatan untuk menggunakan kostum terbaiknya.

“Jadi sebelum pawai dilaksanakan ini, setiap anak-anak itu mempersiapkan yel-yelnya dan juga kostum terbaik yang akan di pakai pada pawai. Itu dilombakan dan selama pawai ini akan dinilai,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan Syiar Muharram 1444 H ini, yakni Pawai atau long Marc menuju unit SIT Al-biruni Mandiri di Jalan Karantina dan Jalan Urip Sumoharjo. Kemudian ada lomba-lomba, yakni Lomba estafet ayat Al-Qur’an, lomba rangking satu, lomba yel-yel, lomba kostum terbaik. Kemudian untuk tingkat SMA ada lomba copywriting, dan membuat Vlog.

Sementara itu, Direktur Pendidikan SIT Al-Biruni Mandiri, Muhammad Arafah Kube berharap kegiatan Pawai ini bisa menjadi pemantik untuk masyarakat khususnya umat muslim untuk mengadakan kegiatan-kegiatan sosial.

“Kegiatan-kegiatan sosial yang mengedukasi seperti ini patut diagendakan apalagi kita sudah tidak pandemi,” harapnya. (ray/*)

News Feed