English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas dan Universitas Chulalongkorn Jalin Kerja Sama

PODIUM: HASRULLAH

Siapa yang tidak mengenal negara Thailand, sudah menjadi rahasia umum jika iklan dari negara ini unik dan memiliki konsep yang out of the box. Di samping itu, negara Thailand juga terkenal dengan pariwisatanya seperti parade gajah, kuil budha, festival budaya, dan pendidikan. Dalam hal Ilmu Pendidikan Thailand menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Jika berbicara Perguruan Tinggi Negeri, tentunya tidak lepas dari Universitas Tertua di Thailand yaitu, Universitas Chulalongkorn atau disingkat Chula.

Universitas Chulalongkorn merupakan salah satu universitas terbaik di Thailand, bahkan menurut QS World Univerity, universitas Chula mendapatkan peringkat universitas nomor 1 Thailand selama 8 tahun berturut-turut. Sekolah abdi dalam kerajaan yang pada akhirnya diresmikan menjadi universitas sejak 1917, dan Univ Chulalongkorn ini dinobatkan sebagai universitas tertua di Thailand. Universitas ini pada awalnya didirikan oleh pemerintahan Raja Chulalongkorn sebagai Sekolah Abdi Kerajaan pada tahun 1902 di Istana Raja, Thailand. Sekolah ini kemudian dijadikan sebagai universitas nasional pada tahun 1917, sehingga merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Thailand.

Dengan tagline β€œPilar of The Kingdom”, Chula adalah representasi dari pendidikan tinggi di Thailand. Kampus Chula hanya ada satu di Bangkok, yaitu daerah pusat kota tepatnya di distrik Pathumwan. Daerah strategis di pusat kota dan pusat perbelanjaan di Bangkok. Sebagai kampus yang sudah lama berdiri, hampir semua bidang kajian ada jurusan ada di Chula. Mulai dari jurusan-jurusan klasik seperti Ekonomi, Hukum, Politik, Komunikasi, Teknik, Kedokteran, Farmasi, Science/MIPA bahkan pendidikan dan olah raga ada di Chula.

Hari ini, Universitas Hasanuddin (Unhas) berkunjung ke Bangkok, Thailand. Untuk mengadakan kolaborasi dengan Universitas Chulalongkorn. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mempromosikan dan mendorong kegiatan kolaboratif dalam hal penelitian, pendidikan dan pelatihan, terutama dual degree (Unhas-Chulalongkorn Thailand) di tanggal 25 Juli 2022 ini untuk penyerahan Proceeding Vicedean FISIP UNHAS ke Fakultas Psikologi Universitas Chulalongkorn Thailand. Isi dari kerja sama tersebut, yaitu telah sepakat untuk mengembangkan kemungkinan kerja sama di bidang: pengembangan program pendidikan, termasuk bersama dan program gelar ganda, pelatihan penelitian, pengawasan dan kolaborasi, pertukaran staf dan mahasiswa, publikasi bersama, pengawasan pascasarjana, memegang bersama-sama seminar, konferensi, dan lokakarya, teknis dan pertukaran informasi, dan penggunaan berbagi penelitian mengumpulkan data.

Namun Dr. Hasrullah dalam penyampaiannya, meyakinkan untuk segera berkolaborasi baik dalam bentuk International Conference maupun student exchange antar kedua universitas. Singkat DrHasrullah diajak Bu Dean Prof. Nattasuda Taephant, Ph.D., Chulalongkorn untuk buat dual degree, dan hal ini wajib ditindaklanjuti untuk peningkatan peringkat WCU (World Class University), peristiwa ini pun disaksikan, Prof. Budimawan dan Direktur Inovasi unhas, Asmi Citra Malina , PhD, Unhasku Kuat bravo UNHAS! (*)

News Feed