English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa KKN Unhas di Takalar, Bangkitkan Rasa Bersama melalui Permainan Tradisional

FAJAR, MAKASSAR -Sebagai bentuk perayaaan Hari Anak Nasional pada Sabtu, 23 Juli, kemarin, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Hasanuddin (KKNT Unhas) Gelombang 108 Takalar 10 Kecamatan Galesong mengadakan kegiatan lomba yang menargetkan anak dan masyarakat sekitar. Bergabung dalam program kerja gabungan, kegiatan ini bertajuk GASS (Galesong Solidarity and Sportifity)

Koordinator Wilayah (Koord Wil) Takalar 10, Nadira Ulfanisa membeberkan, ia dan teman-temannya mengusung tema ini sebagai bentuk kepedulian terhadap anak. Terlebih di era digital saat ini, perlombaan permainan tradisional mulai perlahan sirna.

“Sesuai dengan tema, kami ingin membangun kembali jiwa sportifitas dan solidaritas kepada anak-anak, terkhusus di Kecamatan Galesong. Apalagi melihat anak zaman sekarang itu cuman asik bermain smartphone dan kurang interaksi sosial,” jelas Nadira, Minggu, 24 Juli.

Menargetkan anak sekolah dasar usia 9 hingga 12 tahun, kegiatan ini dimulai dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dasar yang berada di Desa Galesong Baru, Desa Kalukuang, dan Desa Pa’lalakkang. Kemudian terlaksana pada tepat pada hari anak di Lapangan H. Larigau Daeng Mangngingruru.

Adapun lomba yang dilaksanakan ialah Lomba Pertama Balap Karung, Lomba Kedua Masuk Pensil dalam Botol, dan Lomba Ketiga Beregu Estafet Sarung. Diikuti sebanyak 57 orang yang tersebar tiap-tiap cabang lomba yang keseluruhannya menghasilkan juara I,II,II, dan Best Supporter.

Diakhir, Nadira berhala melalui acara perlombaan ini, anak-anak dapat kembali menumbuhkan jiwa kebersamaan dan tumbuh ceria.

“Semoga bisa terus bermain dan berinteraksi secara langsung, supaya terjalin hubungan solidaritas dan menjadi anak-anak yang bertumbuh dengan ceria,” harapnya. (fni/*)

News Feed