English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI Beri Beasiswa bagi Alumni untuk Lanjut Kuliah Pascasarjana

FAJAR, MAKASSAR-Program pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) menawarkan potongan bagi alumni. Itu bagi alumni yang ingin melanjutkan kuliah.

Potongan tersebut, berupa beasiswa diskon 50 persen Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP) bagi alumni berprestasi UMI.

Direktur Pascasarjana UMI, Prof Sufirman Rahman mengatakan, beasiswa tersebut sengaja diberikan sebab menggaet lulusan agar ingin melanjutkan pendidikannya.

“Kita kan mau memperkuat SDM unggul yang merupakan lulusan UMI. Sehingga kalau ada alumni yang memang berprestasi kami mudahkan dengan beri beasiswa,” ucapnya.

Untuk pendaftaran program pascasarjana gelombang satu, kata Prof Sufirman, sudah mulai diseleksi dari tes akademik hingga toefl sejak Sabtu, 16 Juli. “Ada 400 orang yang ikut dan tersebar di 16 program studi, 12 magister, dan 4 program doktor,” ujannya.

UMI pun kembali membuka gelombang kedua hingga 31 Juli. “Itu karena permintaan masyarakat tinggi akan melanjutkan S2 dan S3 di PPS UMI,” jelasnya.

Asisten Direktur 1 PPS UMI, Prof Baso Amang mengatakan, kuliah akan dimulai Minggu ketiga Agustus. Sehingga tes gelombang kedua akan dilaksanakan 1-2 Agustus. Lalu pengumumannya dua atau tiga hari setelahnya.

“Tahun lalu kita terima 1200 maba PPS, ini dibagi dua semester. Sehingga tahun ini tak jauh dari angka itu. Apalagi jika banyak permintaan maka kami akan menerima beberapa tambahan,” tuturnya. Untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara offline dan online melalui Pascasarjana.umi.ac.id.

Kerja Sama Mesir

UMI dan Universitas Al-Alzhar akan melakukan kerja sama lagi di pelbagai bidang pendidikan dan program-program. Hal itu buah pertemuan para petinggi UMI dengan Dutabesar Republik Indonesia untuk Mesir di Menara UMI Lantai 9, Jl Urip Sumoharjo, Senin, 18 Juli.

Rektor UMI, Prof Basri Modding mengatakan, UMI dan Universitas Al-Alzhar akan aktif lagi bekerja sama. Apalagi banyak masalah yang harus diselesaikan secara bersama lewat nasional dan internasional. “Jadi Kedubes mesir menyatakan bersedia lagi menjadi bagian dari pengembangan UMI,” ucapnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Dr HC Luthfi Rauf mengatakan UMI didatangi untuk mendengarkan penjelasan dan starting point dalam menjajaki kerja sama lagi kedepannya.

“Tahun lalu ada 2.200 mahasiswa dari Indonesia ke Mesir, tahun ini kami akan mencoba menjajaki lebih salah satunya menggandeng mahasiswa UMI,” ucapnya. (wis/ham)

News Feed