English English Indonesian Indonesian
oleh

FPTI Pangkep Rebut Piala Bergilir Panjat Tebing Panglima Ta’ Kodam XIV Hasanuddin

FAJAR, MAKASSAR -Kompetisi Sirkuit Daerah Panjat Tebing Panglima Ta’ Kodam XIV Hasanuddin Series Pertama sukses digelar. Atlet FPTI Makassar dan Pangkep berjaya menguasai podium.

Kompetisi yang digelar Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulsel ini menyisihkan pertarungan sportif sebanyak 120 atlet putra dan putri. Beradu di kategori disiplin lead pada ajang yang berlangsung di Wall Climbing Lapangan Hasanuddin, 17-18 Juli 2022.

Pada kategori disiplin lead putra, medali emas diraih Mahesa Caesar (FPTI Makassar), perak oleh Putra Adhitryan (FPTI Pangkep), dan perunggu oleh A. Milano Ramadhan (FPTI Pangkep).

Pada kategori disiplin lead putri, medali emas diraih Syamsinar (FPTI Pangkep), perak oleh Siti Nurul Iftitah (FPTI Pangkep), dan Sahrani Ramadhani (FPTI Makassar).

Sementara juara umum yang berhak meraih piala bergilir Panjat Tebing Panglima Ta’ Kodam XIV Hasanuddin berhasil diraih FPTI Pangkep.

Ketua FTPI Sulsel, Imam Subekti, mengatakan ajang sirkuit daerah merupakan rangkaian seleksi yang digelar pihaknya untuk mempersiapkan sebanyak sepuluh atlet mengikuti sirkuit nasional beberapa bulan kedepan.

“Ini seleksi untuk peningkatan peringkat, saya pikir kita punya atlet sekarang sangat maju. Rata-rata capai top, sehingga ini bisa menjadi modal yang baik untuk hasil positif atlet di sirkuit nasional nanti,” ujarnya dalam acara penutupan Kompetisi Sirkuit Daerah Panjat Tebing Panglima Ta’ Kodam XIV Hasanuddin Series, Senin, 18 Juli.

Sirkuit daerah menurut Imam adalah ajang yang sangat penting dalam melihat potensi atlet muda yang dimiliki FPTI dari setiap perwakilan kabupaten/kota yang ada di Sulsel. Sirnas menjadi acuan penempatan atlet untuk mengikuti kejuaraan.

“Jadi siapapun atlet misalnya yang mendapat peringkat tinggi di sirkuit nasional, maka itu yang paling potensial untuk disiapkan di kejuaraan maupun open turnamen di setiap tingkatan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Harian FPTI Sulsel, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan DPRD Sulsel yang telah membantu menyukseskan ajang sirkuit daerah kali ini. Terkhusus kepada Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mapayukki, yang telah merangkaikan sirkuit daerah dengan Piala Panglima Ta’ Series Pertama. “Ajang ini sukses tanpa satupun insiden sama sekali,” tuturnya.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari mengatakan, pihaknya akan senantiasa mendukung gelaran olahraga yang mengarah pada peningkatan prestasi. Ia berharap nantinya makin banyak atlet di Sulsel yang bisa berjaya di berbagai ajang kompetisi lainnya.

“Pada prinsipnya kita sangat mendukung dan mensupport setiap kegiatan olahraga yang sifatnya adalah demi peningkatan prestasi. Semoga atlet Sulsel makin banyak lagi yang berprestasi,” harapnya.

Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappayukki mengaku bangga atlet panjat tebing di Sulsel bisa bersaing dengan baik, bahkan tanpa insiden sama sekali. “Saya bangga, ini sangat luar biasa anak-anakku, kalian punya semangat juang, kalian anak-anak yang dibanggakan,” ucapnya. (maj/*)

News Feed