English English Indonesian Indonesian
oleh

Revitalisasi Lanskap Taman Purbakala di Sinjai

Kawasan ini sangat menarik jika di desain dengan baik, lanskapnya memiliki potensi untuk dikembangkan dengan situs prasejarahnya. Berada diketinggian 125 mdpl, ditumbuhi berbagai pepohonan yang membuat kawasan ini sangat sejuk. Pemandangan indah tercipta di puncak taman prasejarah ini. Di puncak kita dapat melihat kota Sinjai dan gugusan pulau Sembilan. Kawasan ini, pernah dijadikan markas utama pengintaian kapal dan pesawat yang melintas dari teluk Bone oleh tentara Jepang saat perang dunia kedua.

          Keterlibatan banyak pihak khususnya masyarakat Sinjai sangat diharapkan untuk pengembangan pariwisata. Taman Purbakala ini sangat berpotensi untuk dikembangkan guna menarik perhatian masyarakat luas agar Sinjai menjadi salah satu prioritas kunjungan wisata di Sulawesi Selatan khususnya wisata sejarah, budaya dan alam dalam satu kawasan.

Himpunan Masyarakat Sinjai (HIMAS) harus menginisiasi hal ini dengan mengawali berbagai diskusi dan seminar dalam rangka mengumpulkan bahan dan informasi terkait untuk mencari ide dan gagasan yang dapat dituangkan dalam merevitalisasi Taman Purbakala Batu Pake Gojeng serta diharapkan mampu menghasilkan Roadmap Pariwisata Kabupaten Sinjai. Kawasan ini harus menjadi wisata utama di Sinjai karena literatur menyebutkan Batu Pake merupakan asal muasal Kabupaten Sinjai, dengan pendukung yaitu wisata sejarah benteng Balannipa, wisata laut Pulau Sembilan, wisata pelestarian lingkungan Hidup Mangrove Tongke-Tongke, dan lain sebagainya.

News Feed