English English Indonesian Indonesian
oleh

Menjaga Kesehatan Mental Sama Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik

Oleh : Andi Zulfiana, Dosen Psikologi IAIN Parepare

Di era modern saat ini menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental merupakan upaya individu memberikan kesejahteraan baik dari aspek psikologis, emosional, sosial, dan spiritual. Ketika kondisi batin seseorang dalam keadaan tentram dan tenang menunjukkan kesehatan mentalnya dalam keadaan baik, sehingga memungkinkan dapat menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk. Gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan individu, orang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan mengalami hambatan dalam berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain, menurunkan produktivitas kerja, prestasi akademik dan mempengaruhi kesehatan fisik.

Seperti kata pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, menurut WHO (World Health Organization) seseorang yang sehat mental terbukti berisiko lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti stroke, diabetes, penyakit lambung, dan penyakit jantung. Kesehatan mental penting di setiap fase perkembangan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa dan lansia, karena faktor yang memengaruhi masalah kesehatan mental tidak mengenal umur. Faktor tersebut seperti faktor biologis, masalah psikologis, lingkungan social, pengalaman hidup maupun riwayat keluarga.

Suatu hal yang normal jika dalam satu fase kehidupan seseorang orang mengalami masalah kesehatan mental karena problem psikososial adalah bagian dari kehidupan manusia, yang lebih utama adalah bagaimana seseorang mengetahui sejak dini ketika mulai menunjukkan gejala suatu gangguan mental dan segera berkonsultasi, karena pengobatan gangguan mental secara awal akan memberikan hasil yang lebih baik daripada jika terlambat berkonsultasi atau berobat.

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah mulai dari mencoba mengontrol emosi saat marah, bercerita kepada orang lain, berolahraga, perbanyak senyum, melakukan meditasi, istirahat yang cukup dan masih banyak jenis kegiatan positif lainnya. Cara-cara tersebut perlu Anda terapkan secara berkelanjutan agar dapat memperoleh manfaatnya dengan optimal.

Namun, bila Anda merasakan tanda-tanda gangguan mental, seperti merasa putus asa, perubahan suasana hati yang parah, atau hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan ahlinya, seperti psikiater atau psikolog. (*/)

News Feed