English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Lebaran Iduladha, Pemkab Wajo Kerja Sama Bulog Gelar Operasi Pasar

FAJAR, SENGKANG — Pemkab Wajo bekerja sama Perum Bulog Wajo menggelar operasi pasar jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) lebaran Iduladha 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Operasi pasar berlangsung di Kelurahan Siengkang, Kecamatan Tempe, Jumat (8/7/2022). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi (rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Wajo yang dipimpin langsung oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, Kamis (7/7/2022).

Amran Mahmud memantau langsung pelaksanaan operasi pasar di pasar mini Tokampu. Kata dia, umumnya kenaikan harga terjadi jelang HBKN.

Maka dari itu, operasi dilakukan guna menstabilkan harga, diharapkan mempermudah masyarakat memperoleh komoditas kebutuhan pokok.

“Kia pahami bahwa umumnya beberapa kebutuhan pangan mengalami kenaikan harga. Dengan operasi pasar dapat mengendalikan inflasi, menjaga stabilisasi harga dan ketersediaan bahan pangan,” katanya.

Dia menyampaikan dirinya telah meminta ke jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau bagiannya untuk berkolaborasi dengan instansi terkait, khususnya yang tergabung dalam TPID, agar melakukan langkah antisipasi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

Apresiasi serupa juga ditujukan ke TPID Wajo, Sekretaris Daerah (Sekda) Wajo, Armayani, sebagai ketua harian, OPD terkait antara lain Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) atas berbagai upayanya, termasuk dengan melakukan sidak ke pasar.

Sementara, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Wajo, Andi Muzdalifah, menyampaikan bahwa berdasarkan pantauan atau sidak TPID ke pasar tradisional, memang ada komoditas yang mengalami kenaikan harga, terutama bawang merah dan cabai rawit.

News Feed