English English Indonesian Indonesian
oleh

Hadapi Era Digital, HMJ KPI UIN Alauddin Bekali Mahasiswa Kemampuan Menulis hingga Public Speaking

FAJAR, MAKASSAR-Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar mengadakan “Soft Skill Training”. Kegiatan tersebut berpusat di Pusdiklat Unismuh, Bollangi Gowa, 1-3 Juli 2022.

Soft Skill Training tersebut terbuka untuk umum bagi mahasiswa. Itu untuk membekali kemampuan peserta dari skill public speaking, writing, dan broadcasting. “Itu sangat penting untuk dijadikan modal dasar bagi seorang mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi,” ujar Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan HMJ KPI UIN Alauddin Makassar, Andi Nurul Qadri Fitrayani, Sabtu, 2 Juli.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “How to Survive in Digital Era?”. Ini dengan melihat perkembangan informasi yang cukup pesat di era digital. Hal inilah yang membuat keresahan HMJ KPI untuk membekali mahasiswa sejumlah pengetahuan dan keterampilan.

Selain itu kata Nurul, masih banyak mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) belum menemukan jati dirinya. Baik mengenai skill maupun kurangnya forum diskusi yang disediakan untuk para mahasiswa. “Jadi kami para pengurus HMJ KPI ingin mewadahi teman-teman untuk bagaimana mengasah skill atau menemukan skill mereka di FDK dan membangkitkan nalarnya,” jelasnya.

Sejumlah pemateri dari kalangan praktisi yang bergerak di bidang penulisan dan jurnalis diundang menjadi pemateri. Adapun narasumbernya yaitu, Rahma Amin yang membahas “Perempuan Melawan Ayat-ayat Misoginis”; Panji Hartono membawa materi “Politik dalam Kacamata Islam di Negara Demokrasi”; dan Ibnu Munsir membawakan materi “Candu Medsos yang Kuat Mengubah Pola Pikir Mahasiswa”.

News Feed