English English Indonesian Indonesian
oleh

Kabid Humas: Diseminasi Informasi Terkait Mitigasi, Minimalisasi Risiko Bencana

FAJAR, MAKASSAR – Kepala Bidang Humas IKP Diskominfo-SP Provinsi Sulsel Sultan Rakib menghadiri kegiatan Workshop dan Sosialisasi Konsep Rencana Kontigensi Bencana Banjir Tahun Anggaran 2022 di Maxone Hotel Makassar, Kamis (30/6/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Sulsel tersebut digelar dalam rangka efektivitas dan optimalisasi penyelenggaraan penanggulangan bencana di Provinsi Sulawesi Selatan dengan menghadirkan peserta dari BPBD Prov. Sulsel, BPBD Kabupaten/Kota, instansi vertikal dan stakeholder terkait.

Pada kesempatan tersebut, Sultan Rakib yang didapuk sebagai narasumber mengungkapkan, hal utama yang harus dilakukan jika berbicara tentang mitigasi adalah bagaimana informasi terkait mitigasi tersebut sampai kepada masyarakat sebagai stakeholder.

“Saat ini, kerja sama antara Diskominfo dan BPBD hanya sebatas pada upaya diseminasi informasi saat terjadinya bencana dan pasca bencana, belum sampai pada tahap bagaimana mendesiminasi informasi sebelum bencana terjadi (pra kejadian). Memang ada dua hal yang menjadi ketakutan-ketakutan kita ketika itu diinformasikan, yaitu masyarakat tahu bahwa akan terjadi potensi bencana di sini dan muncul keresahan. Disitulah fungsinya Diskominfo, meramu semua informasi yang tidak menimbulkan keresahan-keresahan masyarakat”, ungkap Sultan Rakib.

Ditambahkannya lagi bahwa seluruh OPD yang ada harus mampu dan senantiasa berkoordinasi dengan Diskominfo di masing-masing daerahnya, khususnya bagi BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Selatan.

News Feed