English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim Operasi Padangguni Korpala Unhas Simulasi Penelusuran Gua Vertikal

FAJAR, MAKASSAR -Tim Operasi Padangguni Korpala Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan simulasi penelusuran gua vertikal yang bertempat di Dusun Pattiro, Desa Labuaje, Kecamatan Cendana, Kabupaten Maros pada Kamis-Minggu, 16-19 Juni lalu.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Operasi Paddunggini Korpala Unhas Muhammad Ilham Nur mengatakan bahwa dalam kegiatan simulasi ini dilakukan pemetaan gua sebagai data terbaru untuk KORPALA Unhas, dan identifikasi flora-fauna.

“Semua ini dilakukan agar dapat menunjang kegiatan Operasi Padangguni,” katanya.

Muhammad Ilham menambahkan bahwa di lapangan, tim membuat penampungan air untuk menampung tetesan air yang jatuh dari stalaktit gua agar bisa diminum dikarenakan perbekalan yang dibawa oleh tim operasi hanya 500 mili liter air dan makanan kecil.

“Pada hari selanjutnya, tim mulai melakukan persiapan untuk menuruni Gua Leang Pute selama empat jam,” tambahnya.

Lebih lanjut, Muhammad Ilham menjelaskan bahwa hasil dari simulasi semakin mempermantap tim untuk mulai dari kesiapan fisik, mental, serta pengetahuan. Hasil simulasi menunjukkan tim sudah sangat siap menghadapi kondisi medan yang akan dihadapi, karena pada simulasi tim menskemakan kondisi terburuk dari perjalanan.

“Dimana kondisi perbekalan yang sangat sedikit dan tim harus tetap menyelesaikan atau merampungkan data lapangan yang harus terkumpul,” jelas Ilham.

Adapun Anggota KORPALA Unhas yang melakukan kegiatan simulasi ini terdiri dari 5 orang atlit, yaitu Walad Radillah dari Fakultas Kehutanan, Muh Ilham Nur dari Fakultas Ilmu Budaya, Sukma Dewi dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Muhammad Riski Dari Fakultas Ilmu Budaya, Akhmad Fauzan dari Fakultas Kehutanan.

News Feed