English English Indonesian Indonesian
oleh

STIE AMKOP Dukung Program Lorong Wisata

FAJAR, MAKASSAR–Dinas koperasi melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar pada Jumat, 24 Juni 2022.

Ketua Inkubator Wirausaha Makassar Muh Saleh R MSi, menjelaskan bahwa yang dibahas dalam pertemuan itu adalah program kolaborasi antara dinas koperasi dan STIE AMKOP. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa selain itu juga untuk penguatan inkubator center dan Bulo (Badan Usaha Lorong) dalam rangka mendukung suksesnya lorong wisata.

Dinas koperasi ingin melibatkan perguruan tinggi di Makassar, salah satunya adalah STIE AMKOP Makassar sebagai sekolah bisnis untuk mendorong agar program ini bisa segara direalisasikan.”Intinya sebenarnya adalah dinas koperasi Kota Makassar mau membangun kolaborasi. Jadi pada dasarnya STIE AMKOP mendukung kegiatan ini dan tentu siap mengawal program ini agar proses pembentukan atau menjalankan badan usaha lorong bisa sukses di Kota Makassar,” ujarnya.

Lebih lanjut, bahwa wisata lorong adalah penumbuhan UKM yang ada di lorong dengan model sentra. “Misalnya di lorong ini khusus untuk sentra apa sehingga itu dapat menjadi ikon di setiap lorong kelurahan atau kecamatan, misalnya khusus kuliner, khusus oleh-oleh dan lainnya. Makanya jika ada tamu maka akan didorong untuk mengunjungi wisata lorong tersebut,” kata Saleh.

Ia juga menjelaskan bahwa nanti akan disurvei langsung oleh pemerintah kota untuk melakukan pemetaan lorong. Artinya mereka akan melakukan survei dan pemetaan karena tidak semua lorong dijadikan sebagai lorong wisata.

“Jadi kita melihat apakah ada potensi di lorong tersebut kemudian kita kembangkan potensi tersebut dan tentu menarik. Mulai dari tata lokasi, kemudian penataan-penataan, intinya lorong tersebut akan diperbagus sehingga lorong tersebut menjadi wisata lorong,”tambahnya lagi.

News Feed