English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertunjukan “Dalih” Teater Kampus Unhas, Kritik dari Upaya Mereka yang Menutupi Keburukannya

FAJAR, BONE-UKM Teater Kampus Unhas (TKU) mementaskan teater “Dalih” pada Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XVI Bone. Festival yang dilaksanakan UKM SSB BSF IAIN Bone pada 9-18 Juni. TKU mementaskan teater “Dalih” di Planet Cinema Bone, Selasa, 14 Juni.

Sebuah pertunjukan dari naskah dan disutradarai, Annisa Effendi. Adapun tim TKU yang berangkat ke FTMI yaitu, Wilianti Eka Putri, Andi Marwati Aldina, Mutmainnah, Adrian Saputra, Sakinah Indah Pratiwi, Ana Jurana, M. Ridwan, Bella Maharani, Resky Ramadhan Rusdi, Maisyarah Djamade, dan Zalzabila.

Sutradara Dalih, Annisa Effendi mengatakan, pada mulanya, naskah ini berawal dari diskusi kecil yang kemudian memunculkan ide besar terkait korupsi.

“Dalih” dipilih menjadi judul naskah sekaligus nama untuk tokoh utama karena kata itu dianggap mewakili eksistensi dari ide yang ingin dibawakan. Dalih juga merupakan tokoh dalam naskah teater tersebut.

“Dalih merupakan seorang kepala daerah sekaligus anak dari seorang gubernur yang terkena kasus korupsi. Ayahnya yang tidak ingin nama baiknya tercoreng membuat strategi, agar Dalih tidak di penjara dengan mengurung dan membuatnya gila serta melakukan kongkalikong dengan orang-orang yang dianggap mampu membenarkan kegilaan Dalih seperti seorang dokter dan jurnalis,” kata Nisa sapaan mahasiswa Sastra Indonesia Unhas ini.

Strategi itu pun kata Nisa berhasil, Dalih tidak di penjara karena ia mengalami gangguan kejiwaan. Selama Dalih dijadikan gila, ia menjadi tertekan dan merasa bahwa lebih baik ia di penjara daripada dibuat gila oleh ayahnya sendiri.

News Feed