English English Indonesian Indonesian
oleh

Rainwater Harvesting sebagai Solusi Air Bersih di Makassar

FAJAR, MAKASSAR -Pilot Project Catalyst Changemaker Lab di Makassar Siap dilaksanakan di Makassar. Program yang diusung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa ini melibatkan Sembilan changemaker dari Catalyst Changemaker Lab (CCL).

Kini proyek ini sudah memasuki tahap implementasi yang ditandai dengan audiensi Tim 9 kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kediamannya, Rabu, 8 Juni, lalu. Tim 9 sendiri terdiri dari Celebes Green Project, Kopernik dan Terra Water.

Program Manager dari Celebes Green Project Indah Febriany mengatakan, Changemaker dari CCL akan melakukan aksi nyata yang menangani permasalahan air di 3 daerah pilot project di Indonesia, yakni Makassar, Semarang dan Lampung.

Di Kota Makassar sendiri, lanjut dia, tim 9 akan melakukan inovasi pembangunan akses air bersih secara komunal melalui rainwater harvesting. Bukan itu saja, tim 9 juga akan memastikan penerima manfaat dari program ini. “Pastinya mendapatkan akses air yang aman dengan ada filter air dari Terra Water dan intervensi edukasi perubahan perilaku yang dilakukan oleh Celebes Green Project,” ujar Indah.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan memberikan dukungan penuh terhadap program tersebut. Apalagi, kondisi kekurangan akses air bersih memang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah kota selama ini. “Dengan hadirnya pemerhati seperti kalian, sangat membantu pemerintah untuk melakukan pembangunan di kota ini,” ucapnya.

Ia berharap program yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan membawa manfaat yang besar untuk masyarakat, khususnya di kelurahan Tallo. “Kami meminta dukungan dan rekomendasi kegiatan kepada wali kota, agar program kami bisa bergulir dengan baik terutama dengan stakeholder terkait,” ujarnya. (bus/*)

News Feed