English English Indonesian Indonesian
oleh

Program Doktor Ilmu Politik Unhas Bahas Stabilitas Politik

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP) Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan S3 Ilmu Politik FISIP Unhas menggelar seminar nasional dengan tema ”Stabilitas Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024” di gedung IPTEKS pada, Kamis, 9 Juni.

Menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Muhammad (DKPP RI), Ahmad Doli Kurnia Tandjung (Komisi II DPR- RI), Jamaluddin Jompa (Rektor Universitas Hasanuddin), Ramdhan Pomanto (Walikota Makassar),Andi Fahsar M. Padjalangi (Bupati Kabupaten Bone), Armin Anwar (Polda Sulsel), dan Armin Arsyad (Dekan Fisip Unhas).

Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam sambutannya mengatakan, bahwa saatnya kampus turut angkat bicara mengenai stabilitas politik mengingat kompleksitas pemilu serentak 2024.

Dampaknya tidak hanya akan dirasakan di level nasional namun daerah seperti yang kemudian juga disampaikan oleh Ketua DKPP RI Muhammad Al Hamid. Menurut Dosen Ilmu Politik Unhas ini setidaknya ada 5 prasyarat yang harus dipenuhi agar pemilu berjalan demokratis diantaranya adalah kejelasan regulasi, peserta pemilu yang taat aturan, pemilih cerdas yang partisipatif, birokrasi netral dan penyelenggara yang kompeten dan berintegritas.

Oleh karenanya untuk mewujudkan hal ini akan sangat sukar jika tidak didukung oleh semua pihak termasuk satuan keamanan TNI/Polri seperti yang kemudian juga disinggung oleh Kompol Armin Anwar yang dalam hal ini hadir sebagai perwakilan Polda Sulsel.

Keterlibatan semua pihak ini pun juga disinggung oleh Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi sebagai salah satu Kepala Daerah yang hadir dalam seminar ini.

News Feed