English English Indonesian Indonesian
oleh

Kunjungi Makassar, PM Australia Anthony Albanese Sebut Ekonomi Indonesia Bakal Masuk 5 Besar Dunia, Ini Alasannya

Seperti pabrik terigu lainnya di Indonesia, PT Eastern Pearl Flour Mills menggunakan gandum Australia berkualitas tinggi untuk menghasilkan tepung membuat mi dan roti.

“Saya berharap, Pemerintah Australia dapat membangun hubungan lebih jauh dengan Indonesia. Termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan dan mempromosikan kerja sama di bidang iklim, infrastruktur, dan energi,” tambah Pemimpin Partai Buruh Australia ini.

Angin Segar

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengatakan kedatangan Albanese ke Makassar memberikan angin segar pada masa mendatang. Ia sangat senang bisa bertemu Albanese yang seperti mimpi.

“Dari apa yang disampaikannya, beliau datang karena melihat banyak potensi di Indonesia timur ini, dan Makassar salah satunya,” urai Jamaluddin.

Unhas sendiri sudah lama bekerja sama dengan Pemerintah Australia. Dalam hal pendidikan, banyak dosen dan staf Unhas yang merupakan alumni Australia. “Ada sekitar lebih 150 orang,” terang pria kelahiran Takalar ini.

Unhas juga telah membangun kolaborasi penelitian dan kerja sama pendidikan yang dalam dengan berbagai universitas di Australia.

“Sebagai salah satu contoh, kolaborasi antara Unhas dan Griffith University dalam penelitian arkeologi telah menemukan lukisan dinding gua tertua di dunia, yang diyakini berasal dari masa 45.500 tahun,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Prof JJ ini pun akan memperkuat kemampuan berbahasa Inggris di kalangan mahasiswa Unhas agar lebih siap menghadapi “pergaulan” internasional. Termasuk dalam hal menimba ilmu di negara-negara maju seperti Australia. (yuk/zuk-dir)

News Feed