English English Indonesian Indonesian
oleh

Perpustakaan Sejarah UNM Edukasi Generasi Milenial Lewat Webinar Nasional

FAJAR, MAKASAR–Pengurus Perpustakaan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan webinar nasional memperingati Hari Lahir Pancasila. Webinar ini digelar atas kerja sama, tiga kampus, yaitu UNM, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Negeri Medan, Sabtu, 4 Juni 2022.

Webinar bertajuk “Mewujudkan Generasi Milenial Pancasilais di Era 4.0” itu menghadirkan tiga pemateri. Pertama, dosen Universitas Negeri Surabaya Yuli Sutoto Nugroho yang membawakan materi “Generasi Emas Pancasila” dengan menekankan konsep dan urgensi pendidikan pancasila dalam kehidupan.

Kedua, dosen Parodi Pendidikan Sejarah UNM, Khaeruddin dengan materi “Kesadaran Sejarah; Transformasi Milenial Pancasila dalam Meng-Indonesia”.Dalam penjelasannya, Khaeruddin menekankan bahwa bangsa yang bijak adalah yang bisa belajar dari rentetan peristiwa masa lalu.

Sehingga menurutnya, perlu kesadaran sejarah untuk dijadikan pembelajaran saat ini dan menjadi pertimbangan strategi untuk masa depan. Pemateri terakhir dari Univeristas Negeri Medan, Feriyansyah.

Pria yang juga sebagai Kepala Penjamin Mutu UNIMED itu membawakan materi berjudul “Masyarakat Pancasila Di Era Digital : Tantangan, Alogaritma Politik Identitas dan Belajar Merdeka”.

Ia menekankan bagaiamana isu-isu politik identitas dan dampak negatif penggunaan teknologi menggeser nilai-nilai luhur pancasila dan bagaimana menjadi manusia yang merdeka.

Melalui webinar ini, ia mengharapkan kedepannya generasi muda menjadikan pancasila sebagai landasan. “Perbaikan moral, pedoman, pegangan, dan kekuatan bangsa dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia,” katanya.

News Feed