English English Indonesian Indonesian
oleh

Holding BUMN Dukung PT Vale Indonesia Tetap Beroperasi, Ini Alasannya

FAJAR, MAKASSAR – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, mendukung rencana perubahan status Kontrak Karya PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) menjadi Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Mining Industri beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk. Rencana ini akan memperkuat sinergi MIND ID dan PTVI dalam peningkatan nilai tambah komoditas nikel Indonesia di masa akan datang.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan saat ini MIND ID memegang kepemilikan saham pada PTVI sebesar 20 persen. MIND ID menuntaskan transaksi pembelian saham PTVI pada 7 Oktober 2020. Inisiatif tersebut merupakan bagian dari upaya MIND ID mengelola sumberdaya strategis Indonesia dan meningkatkan portolio serta hilirisasi komoditas nikel.

Pada kuartal I-2022, PTVI mencatat kinerja positif dengan mencatatkan laba bersih sebesar US$ 67,7 juta, tumbuh 100,77 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 33,7 juta.

Pada kuartal I-2022 PTVI mencatatkan pendapatan sebesar US$ 235,08 juta atau tumbuh 13,8 persen dibandingkan dengan kuartal I-2021 senilai US$ 206,6 juta.
“Kinerja optimal PTVI turut berkontribusi kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan,” ujar Dany, Minggu, 5 Juni.

Sementara Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy mengatakan, PTVI terus berkomitmen melaksanakan tata kelola dan praktik operasional yang baik. Komitmen perusahaan terhadap environment, social dan governance (ESG) juga ditunjukkan dengan pemenuhan prinsip ICMM (International Council on Mining and Metals).

News Feed