English English Indonesian Indonesian
oleh

FKG Unhas Pecah Rekor Pemasangan Gigi Tiruan Terbanyak

FAJAR, MAKASSAR -Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) berhasil memecahkan rekor muri dengan pemasangan gigi tiruan serentak pada 223 pasien.

Kegiatan ini diinsiasi oleh FKG Unhas bersama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan melalui empat tahapan, yaitu pendaftaran, penyaringan, pemasangan gigi sementara, terakhir masuk pada tahap pemasangan gigi serentak.

Ketua panitia Bakti Sosial Pemasangan Gigi Tiruan, drg. Irfan Dammar menjelaskan, pemasangan gigi tiruan ini menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI), BSK, dan Lasnas sebagai sponsor. Dengan tujuan memecah rekor pemasangan gigi sebelumnya.

Ia membeberkan pemasangan gigi tiruan secara serentak baru kali pertama terjadi di Sulawesi, bahkan di Indonesia. Menurutnya, pada rekor Muri sebelumnya yang melakukan pemasangan pada 123 pasien dilakukan secara bertahap selama tiga bulan.

“Kami menyelenggarakan bakti sosial pemasangan gigi tiruan pada masyarakat kurang mampu. Dari sekitar 245 pasien yang mengalami penjaringan, yang memenuhi syarat 223 untuk pemasangan gigi tiruan,” ujarnya saat ditemui di JK Arenatorium Unhas, Sabtu, 4 Juni.

Setelah dilakukan pemasangan gigi, ke-223 pasien tersebut bakal melakukan kontrol secara berkala di RS Gigi dan Mulut Unhas.

“Setelah pemasangan serentak kita harapkan informasikan ke pasien semua yang lakukan pemasangan kontrol berkala di RS Gigi dan Mulut Unhas, itu gratis,” tuturnya.

Ia pun berharap kegiatan sosial seperti ini bisa terus dilakukan kedepannya, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

News Feed