English English Indonesian Indonesian
oleh

Kodam XIV/Hasanuddin di Hati Rakyat

Di bidang operasi, secara rutin mengirim satuannya ke daerah operasi baik misi penugasan dalam negeri maupun misi penugasan luar negeri. Dalam misi penugasan operasi luar negeri, khusus untuk tahun 2020 sampai dengan 2021, Kodam XIV/Hasanuddin  telah mengirim Yonif 726/Tamalate bergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-N United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) untuk mengembang misi perdamaian di Lebanon.

Selanjutnya di tahun yang sama, Kodam XIV/Hasanuddin memberangkatkan Yonif Raider 700/Wira Yudha Cakti untuk mengemban misi tugas operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) mobile di wilayah Papua.

Selain pengiriman satuannya ke daerah operasi, Kodam XIV/Hasanuddin juga aktif melaksanakan Bakti TNI, baik dalam bentuk Karya Bakti maupun Operasi Bakti. Selama kurun waktu tahun 2021 sampai dengan 2022, kegiatan Bakti TNI yang telah dilakukan antara lain TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di mana sampai dengan Minggu I Juni 2022 ini telah berlangsung pelaksanaan TMMD ke-113.

Program TMMD ke-113 ini di jajaran Kodam XIV/Hsn dilaksanakan secara terpadu melalui proses perencanaan secara integral dan komprehensif dengan sistem “Bottom Up Planning”. Dan ditindaklanjuti dengan sistem “Top Down” kerja sama dan koordinasi yang baik antar instansi di tingkat pusat maupun daerah serta partisipasi aktif masyarakat diharapkan akan mendorong tercapainya TMMD ke-113 yang berdaya guna dan berhasil guna.

Penyelenggaraan TMMD merupakan penguatan pembangunan masyarakat dengan melibatkan kelompok masyarakat, yang didukung peran lembaga pemerintah melalui model pendekatan pembangunan partisipatif. Tujuan utama program TMMD ialah pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil, dan gotong royong (partisipatif), serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Adapun kriteria sasaran TMMD meliputi daerah perdesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak bencana.

News Feed