English English Indonesian Indonesian
oleh

Karaeng Agung Dikukuhkan Jadi Ketua Adat Lange-Lange

FAJAR, BULUKUMBA-Andi Agung Karaeng Mappiwali resmi menjadi Ketua Adat Lange-Lange, Kamis, 26 Mei 2022. Itu setelah dirinya lantik oleh Karaeng Lembang Parang Sombayya ri Gowa, Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Andi Idjo, di Balla Lompoa, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang, Bulukumba.

Beberapa tarian dari adat Makassar dipersembahkan dalam kegiatan pengukuhan, seperti Gaderang Bulo dan Anggaru, serta tarian pa’duppa menjadi penyambutan Raja Gowa.

Ketua Panitia Kegiatan Pengukuhan, Andi Rukmawati mengatakan, jika Andi Agung Karaeng Mappiwali merupakan kakak dari Permaisuri Kerajaan Gowa, Andi Hikmawati Kumala Idjo.

Dia adalah anak dari Karaeng Mappiwali Patta Lolo Karaeng Hero Lange-Lange yang merupakan Kepala Distrik Lange-Lange, sekaligus Camat Herlang pertama setelah masa distrik berakhir.

Karaeng Mapiiwali merupakan keturunan asli dari bangsawan Bone, urutan ke 5 dari Lamandong yang juga anak dari Latore yang merupakan Arung Tondong ke 2. Dia lahir 15 Mei 1918, putra dari Karaeng Andi Makkarasseng Petta Nompo dan Petta Becce Kumala.

Setalah 11 tahun diasuh kedua orang tuanya Karaeng Mappiwali kemudian menempuh pendidikan Volks Schoel di Hero, sekarang bernama Desa Gunturu Kecamatan Herlang. Dan kembali melanjutkan sekolahnya Vervelk Schoel di Kota Bulukumba.

Semasa sekolah itu, Karaeng Mappiwali banyak melihat penindasan dari para penjajah, membuat dirinya bergabung pada Kelaskaran pemuda Merah Putih pada sektor Kajang Bulukumba.

Hal tersebut terbukti pada dengan terbitnya surat kelutusan resmi Menteri Veteran RI 026/plk-kpts/M.W.V/1962.

News Feed