English English Indonesian Indonesian
oleh

PSBM Jadi Magnet Figur Capres, Ini Tokoh Nasional yang Bersedia Hadir

FAJAR, MAKASSAR — Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) memiliki daya tarik. PSBM menjadi magnet bagi figur calon presiden (capres).

Sejumlah tokoh nasional diagendakan hadir. Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Tohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Pengamat Politik Unhas, Sukri Tamma menilai daya tarik saudagar sangat besar. Mereka datang dari berbagai daerah. Menurut Sukri, para saudagar juga punya pengaruh di daerah rantauan.

“Mereka adalah tokoh, orang yang dianggap sukses dan memiliki pengaruh. Maka pertemuan ini penting bagi para kandidat dalam kontes politik,” ujar Sukri dilansir dari Harian FAJAR edisi Kamis, 12 Mei.

Melalui event tersebut, para kandidat berpeluang mencari simpati dan dukungan. Sekaligus membantu para kandidat untuk bertemu karena event ini mengumpulkan semuanya. “Jadi sekali jalan, bisa ketemu banyak pihak,” sebutnya.

Kemudian kata Sukri, PSBM ini bisa dijadikan jaringan berkelanjutan.
Tak hanya kerja sama politik, tetapi juga ekonomi. “Jadi event ini menurut saya memang menjadi sangat seksi,” katanya.

Sukri memprediksi akan banyak agenda lain di luar pertemuan formal PSBM. Kemudian juga akan dimanfaatkan para figur politik di Sulsel yang akan maju menjadi kepala daerah.

Pengamat Politik Universitas Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad juga menilai PSBM berpengaruh maka secara politis dan ekonomi. Pertemuan ini kata dia, tidak bisa dipungkiri memiliki nilai jual tinggi bagi para tokoh nasional.

News Feed