English English Indonesian Indonesian
oleh

Ganjar Pranowo ke Sulsel, Datangi Aksi Cantelan dan Desa Inklusif Kagama

MAKASSAR, FAJAR-Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) di Sulsel mendatangkan Ganjar Pranowo. Sejumlah agenda yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah itu di Sulsel.

Ganjar sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) periode 2019-2024 ini untuk melihat aktivitas sosial Kagama Sulsel. Di antaranya, program sosial “Cantelan” yang sudah tiga tahun berjalan di Antang, Kecamatan Manggala, Makassar. Ganjar akan mengunjunginya, Sabtu, 7 Mei.

Sesuai dengan namanya, Cantelan berarti tempat menyangkutkan sesuatu. Awalnya Kagama membuat stimulus membuat paket berisi bahan-bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, dan lauk pauk, serta bahan-bahan yang dibutuhkan.

Itu untuk membantu warga pada masa Covid-19. Warga sekitar pun menyambut program itu, kemudian terus berjalan hingga saat ini. Biasanya warga menyangkutkan kresek yang berisi kebutuhan-kebutuhan pokok di pagar rumah warga.

Mereka yang membutuhkan akan berbagi, sementara yang membutuhkan akan mengambilnya. “Yang mampu boleh memilih, yang butuh boleh mengambil,” itu taglinenya, kata anggota Kagama Sulsel, Hasbi Asga.

Di lokasi itu, Kagama juga membuat sejumlah agenda seperti, pemberian materi “pencegahan stuntin”, materi psikologi “parental feeding” dari Psikolog. Selain itu, pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah.

Bukan hanya di Antang, Ganjar bersama Kagama dijadwalkan ke Kampung Rewako, Desa Je’netallassa, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, Sabtu, 7 Mei. Itu untuk agenda peluncuran serta penandatanganan MoU Desa Inklusif+ di Kab Gowa bersama Pemerintah Gowa.

News Feed