English English Indonesian Indonesian
oleh

Lembaga Sertifikasi Pariwisata Makin Tertantang di Era Digital

MAKASSAR, FAJAR-LSP Pariwisata Anging Mamiri mendapatkan apresiasi “Most Innovative of Tourism Certification body Award 2022”. Penghargaan itu diberikan oleh Mediatama Award Manjemen dan Nasional Award Fondation.

Ketua LSP Pariwisata Anging Mamiri, Farid Said mengatakan, apa yang diraih LSP Pariwisata Anging Mamiri bukan sesuatu yang kebetulan dan mudah. Itu melalui kriteria selfasesmen dan interview yang mendalam, serta inovasi dalam sosial media. “Ini diberikan kepada beberapa lembaga pendidikan dan lembaga sertifikasi pariwisata (LSP), yang sudah berjalan minimal lima tahun,” ungkapnya, Kamis, 5 Mei.

LSP PAR AM mendapat izin operasional dari BNSP sejak 2015 dan telah menyertifikasi kurang lebih 15 ribu tenaga kerja bidang pariwisata mulai dari Aceh, DKI Jakarta, Kalimantan, NTB, Sulawesi, hingga Maluku dan Papua. Telah memiliki 35 skema kompetensi ASEAN yang diuji oleh 125 asesor dan satu Master Asesor.

Lanjut Farid, LSP-nya juga sudah menghasilkan inovasi dalam membuat produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen dan jumlah klien. “Asesi atau pun murid yang terus bergerak naik dibanding dengan LSP Pariwisata lainnnya di Indonesia, khususnya di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Dia berharap pemberian apresiasi itu, LSP PAR AM ke depan terus berbenah untuk memperbaharui sistem uji kompetensi melalui sistem digital mengikuti era Industri 4.0. “Dan tetap berkoordinasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP sebagai induk Lembaga Sertifikasi Profesi LSP di Indonesia,” ungkapnya. (*/ham)

News Feed