English English Indonesian Indonesian
oleh

PLTM Maiting Hulu 2 di Toraja, Resmi Beroperasi

FAJAR, MAKASSAR — Sistem kelistrikan di Sulawesi bagian selatan semakin hijau dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Maiting Hulu 2 berkapasitas 2×4 megawatt (MW). Lokasi pembangkit terletak di Desa Pengkaroan Manuk, Kecamatan Buntu Pepasan, Kabupaten Toraja.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara Commercial of Date (COD) pada 28 April lalu, yang dilakukan oleh General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid dan Direktur PT Brantas Prospek Energy, Wahyu Gutomo. Serta disaksikan oleh Direktur Utama PT Brantas Energy, Firmansyah Ibnu Haryoso yang sebagai induk perusahaan.

Awaluddin menjelaskan, setelah sebelumnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Selayar dan PLTM Madong 2×5 MW telah beroperasi, maka PLTM Maiting Hulu 2 akan semakin meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) sistem kelistrikan PLN di Sulawesi bagian selatan serta meningkatkan rasio elektrifikasi di Sulsel.

“Saat ini persentase EBT dalam sistem kelistrikan PLN di Sulawesi bagian selatan adalah 38,8 persen di atas target rata-rata nasional serta rasio elektrifikasi di Sulawesi Selatan adalah 99,78 persen,” ungkapnya, Rabu, 4 Mei.

Menurut Awaluddin, PLTM Madong dapat melistriki industri skala menengah serta 8.000 rumah tangga dengan daya 900 Volt Ampere (VA). PLTM itu juga dapat mendukung dunia pariwisata khususnya di Toraja.

“Kami juga menawarkan Renewable Energy Certificate kepada beberapa usaha perhotelan khususnya di Toraja sebagai daya tarik wisatawan dalam merasakan sensasi Green Eco Tourism,” papar Awaluddin.

News Feed