English English Indonesian Indonesian
oleh

Mau Mudik? Cek Tiga Hal Penting Berkendara Aman Bersama Keluarga

FAJAR, MAKASSAR — Momen Idulfitri merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama sanak saudara. Beragam pilihan transportasi perlu dicermati dengan tepat untuk mengantarkan keluarga bersilahturahmi, salah satunya menggunakan sepeda motor.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, berkendara bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Namun perlu diingat beberapa hal untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat.

“Penting bagi kita sebagai pengendara sepeda motor mentaati peraturan serta bijak dalam kesadaran berkendara. Apalagi dengan membawa orang yang dicintai. Berbagai elemen perlu diperhatikan saat perjalanan,” ujar Lucky, Kamis, 28 April.

Ini tiga hal penting yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para bikers yang ingin berkendara bersama keluarga.

Membawa Barang dan Penumpang


Berkendara menggunakan sepeda motor ditemani anggota keluarga adalah hal yang menyenangkan. Namun membutuhkan konsentrasi tinggi bagi pengendara karena adanya kecenderungan ingin melakukan melakukan percakapan ringan atau bersenda gurau dengan pembonceng. Hal ini dapat merusak konsentrasi dan juga keseimbangan.

Saat berboncengan, alangkah baiknya pembonceng dapat memeluk pengendara atau dapat memegang jaket pengendara untuk menambah keseimbangan saat berkendara. Selain itu, pembonceng perlu mengikuti arah pergerakan pengemudi di depannya.

“Yang utama dalam berkendara membawa penumpang adalah pembonceng juga wajib menggunakan riding gear yang lengkap serta harus bisa menjadi penumpang yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi. Selain itu tidak membawa barang bawaan yang berlebihan terutama untuk keleluasaan mengemudi,” ujar Lucky.

News Feed