English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Sudirman Berpeluang Menang Pilgub 2024 Jika Berpasangan dengan Tokoh Ini

FAJAR, MAKASSAR — Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memiliki kans untuk maju kembali pada Pilgub 2024. Statusnya sebagai petahana bisa menjadi modal besar meski jabatannya berakhir satu tahun sebelum pemilu.

Pengamat Politik Unhas, Andi Lukman Irwan mengatakan peluang Andalan untuk kembali duduk cukup besar. Statusnya sebagai petahanan sebagai kunci.

Namun untuk mengamankan posisi Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) harus jeli memilih pasangan. Salah satu indikator yang menjadi persyaratan adalah keterwakilan wilayah.

Semisal dia memiliki basis dukungan besar di wilayah Selatan, dia harus mencari pasangan dari wilayah Utara atau Barat. Untuk wilayah Utara ada bupati Lutra Indah Putri Indriani dan Barat ada bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

“Kalau saya lihat peluang Andalan bisa bersama Indah Putri Indriani dan Adnan. Selain faktor basis massa juga umur mereka tidak terlalu berjauhan,” kata Lukman dikutip dari Harian FAJAR edisi Rabu, 20 April.

Lebih lanjut Lukman menuturkan salah satu poin yang paling penting dalam mencari pasangan adalah keterlibatan partai. Pasalnya dari beberapa mana yang muncul untuk menjadi calon gubernur Sulsel, hanya Taufan Pawe yang menjadi pimpinan partai. Sehingga arah dukungan bisa dipastikan mengarah ke dirinya.

Sedangkan nama yang hanya kader partai. Nama lain sempat mencuat adalah Rusdi Masse ketua Nasdem Sulsel.  Namun RMS jika maju bisa dipastikan akan memilih poros sendiri, bukan sebagai wakil, malainkan gubernur Sulsel.

“Ada kabar RMS akan masuk, jika itu benar kemungkinan akan maju sebagai gubernur. Termasuk juga Bupati Soppeng Kaswadi Rasak yang dikabarkan maju pada DPR RI,” ujarnya.

News Feed