English English Indonesian Indonesian
oleh

Pembangkit Sulsel Barru-2 100MW Segera Beroperasi

FAJAR, BARRU–PT PLN (Persero) siap tingkatkan pasokan listrik di Sulawesi, ini ditandai dengan dilakukannya Sinkronisasi Perdana Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sulsel Barru-2 berkapasitas 100 MW dengan sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan pada 11 April 2022 pukul 14.19 WITA.

Lokasinya di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulsel. Manager Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel), Rahmat Nichol Fauzen menyampaikan pembangunan PLTU Sulsel Barru-2 merupakan salah satu Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) yang tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030.

“Ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam meningkatkan keandalan suplai listrik dan pelayanan kepada pelanggan sehingga dapat mendorong investasi di Sulawesi khususnya Sulsel, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat yang terkoneksi ke dalam Sistem Kelistrikan Sulbagsel,” tutur Nichol.

Ia menjelaskan bahwa Sinkronisasi Perdana ini merupakan salah satu milestone dari pembangunan PLTU setelah melalui serangkaian tahapan pengujian atau komisioning. Sebelum pelaksanaan Sinkronisasi Perdana, PLTU Sulsel Barru-2 telah mengantongi Rekomendasi Laik Sinkron (RLS) yang diterbitkan PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi sebagai lembaga yang menjalankan kegiatan sertifikasi di bidang ketenagalistrikan dan telah terakreditasi.

Selanjutnya, Tahapan yang akan dilewati setelah Sinkronisasi Perdana yaitu, Load Up (Excitation System), Combustion Tuning, Runback, Load Swing, Shutdown – Start up Test, Load Rejection, Reliability Run, dan Performance test. Setelah semua tahapan pengujian pembangkit sudah berhasil dilalui maka pembangkit dapat beroperasi secara komersial (COD) yang ditargetkan pada pertengahan tahun 2022 ini.

News Feed