English English Indonesian Indonesian
oleh

Bernardo Tavares Pelatih Baru PSM Makassar, Begini Kiprah Sepak Bolanya

FAJAR, MAKASSAR — Manajemen PSM Makassar mendatangkan pelatih baru untuk kompetisi Liga 1 2021-2022. Pelatih baru juga diharapkan dapat membawa PSM kompetitif di Piala AFC Cup 2022. Sosok pelatih yang baru itu, yakni Fernando Jose Bernardo Tavares alias Bernardo Tavares.

Pengumuman itu disampaikan PSM melalui akun Instagram resmi mereka. “Selamat datang coach Bernardo Tavares,” tulis PSM, Senin (11/4) sore.

Juru taktik bernama lengkap Fernando Jose Bernardo Tavares berasal dari Portugal.

Pelatih kelahiran 2 Mei 1980 itu pernah menangani tim junior Benfica pada 2001-2002. Terakhir dia menukangi klub HIFK Fotboll asal negara Finlandia.

Tavares memulai karir sepakbolanya sejak berusia 10 tahun dengan tim muda ADC Proença-a-Nova, yang berbasis di kota kelahirannya, Proena-a-Nova. Pada tahun 1996, ia memulai karir sepak bola profesionalnya dengan tim senior ADC dan pemain untuk klub hingga ia menjadi pemain muda berusia 23 tahun di Campeonato Nacional de Seniores.

Dia juga membantu klub induknya memenangkan Piala Asosiasi Sepak Bola Castelo Branco pada tahun 2000.

Tavares memegang Lisensi Pro UEFA, kualifikasi kepelatihan sepakbola tertinggi. Ia menerima Lisensi Pro UEFA pada Juni 2013 dari Federasi Sepak Bola Portugal.

Dia juga memegang Lisensi Pro pada penjaga gawang dari Federasi Sepak Bola Portugal dan juga berpartisipasi dalam kursus Pijat Olahraga yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sepak Bola Leiria. Dia juga dianugerahi penghargaan Pelatih Terbaik di kamp di mana dia menerima Lisensi Pro UEFA pada 2013.

News Feed