English English Indonesian Indonesian
oleh

RS-UH Terima Alat Deteksi Asal Virus Covid-19

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyambut baik kunjungan Kemenkes RI dalam rangka menilai secara langsung kesiapan Unhas untuk menerima alat WGS. Dirinya mengatakan, penempatan alat mutakhir tersebut akan semakin melengkapi laboratorium Level keselamatan biologi (BSL-3) RS-UH.

“Rumah Sakit Unhas, utamanya laboratorium, menjadi salah satu sumber lahirnya temuan dan penelitian serta publikasi. Ini bermanfaat untuk pelayanan kesehatan. Laboratorium kami juga banyak dimanfaatkan untuk penelitian skala internasional. Alat WGS ini nantinya akan kami pantau secara optimal dan digunakan sebaik mungkin,” kata Prof. Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS menjelaskan kedatangannya tersebut untuk melakukan penilaian dan memastikan kesiapan Unhas untuk menerima alat WGS Kemenkes RI.

Alat WGS merupakan salah satu bagian dari program pengembangan kemenkes RI dengan tujuan memperkuat surveillance. Hadirnya WGS di RS-UH diharapkan akan memperkuat pengawasan, utamanya pada kawasan Indonesia Timur. Kehadiran WGS juga diharapkan menjadi media pengembangan layanan berbasis teknologi dan penelitian.

“Akhir bulan ini alatnya sudah bisa digunakan. Untuk tiga tahun kedepan, biaya operasional alat ini menjadi tanggungan kami. Setelah tiga tahun, akan dilakukan proses evaluasi terhadap pemanfaatannya,” jelas dr. Maxi.(dar/dni)

News Feed