English English Indonesian Indonesian
oleh

Perdana di Indonesia Timur, Unhas Buka Prodi Sarjana Pariwisata

FAJAR, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin kembali menambah program studi (prodi) baru, Sarjana Pariwisata di lingkup Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Dekan FIB Unhas Prof. Dr. Akin Duli, MA., menjelaskan prodi ini memiliki keunggulan dan keunikan karena mata kuliah akan melingkupi semua prodi yang ada di FIB.

Kajian pembahasan, berfokus pada budaya bahari, kearifan lokal, dan arkeologi, sedang pada keanekaragaman budaya akan disajikan berbagai mata kuliah mengenai situs budaya bahari, situs arkeologi prasejarah sampai kolonial, tradisi, dan adat istiadat.

“Ini yang membuat kami berbeda dengan prodi sejenis di Indonesia,” jelasnya.

Pembukaan prodi ini telah lama direncanakan. Pengusulan borang telah dilakukan kurang lebih satu tahun lamanya yang disesuaikan dengan berbagai saran dan masukan berbagai pihak serta survei.

“Kami berharap, prodi ini bisa menjadi program unggulan di FIB secara khusus dan Unhas secara umum. Sebagai bentuk komitmen, kami juga telah menyediakan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas. Jika ini mendapatkan persetujuan, kami akan laksanakan dengan baik,” jelas guru besar Arkeologi itu.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Muhammad Restu, menjelaskan pembukaan prodi merupakan salah satu bagian dari upaya pengembangan pendidikan dalam lingkup FIB. Melalui proses panjang hingga berada pada tahapan persetujuan Majelis Wali Amanat (MWA), di mana akan menjadi bahan penyempurnaan prodi jika mendapatkan persetujuan.

“Ini sudah melalui proses bertahap, mulai dari fakultas, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan hingga senat. Berdasarkan hal tersebut, prodi ini sudah layak untuk diusulkan kepada MWA. Kita menginginkan prodi ini bisa menarik banyak peminat, menjadi prodi unggul, serta menghasilkan sumber daya untuk berkontribusi dalam bidang kepariwisataan,” jelasnya.

News Feed