English English Indonesian Indonesian
oleh

Mau Ikut Satu Malam Khatam 30 Juz, Ini Jadwal Lengkapnya

MAKASSAR, FAJAR-Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan selalu ditunggu umat muslim untuk memperbanyak ibadah. Salah satu ibadah yang¬† sering diperbanyak adalah membaca Al-Qur’an.

Hal ini yang menjadi dasar One Masjid One Hafiz Indonesia bekerja sama dengan Harian FAJAR menggelar satu malam khatam 30 Juz. Kegiatan tersebut rencana digelar delapan masjid yang tersebar di Sulsel, empat di antaranya ada di Makassar.

Imam kegiatan Satu Malam  Hatam 30 Juz, Dedy Rahmanto mengatakan, ini kegiatan pertama kali digelar di luar Jawa. Kegiatan tersebut awalnya banyak dilakukan di pondok pesantren. Tetapi, berusaha diadopsi di luar pondok pesantren.

Namun ada perbedaan antara gelaran yang dilakukan di Jawa dengan di Sulsel. Di Jawa pelaksanaanya dilakukan lebih dari lima imam setiap malamnya. Sedangkan di Sulsel akan dipimpin satu orang.

“Awalnya saya memilkirkannya saja sangat berat. Namun karena ini adalah seruan dan panggilan agama akan saya usahakan secara maksimal,” kata Dedy.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Abdur Rohman ini menjelaskan, ada dua opsi yang bisa dilakukan dalam kegiatan satu malam hatam 30 juz ini. Pertama pembacaan Al-Qur’an dilakukan satu setengah juz setiap rakaat. Sedangkan yang kedua adalah dalam satu rakat bisa dibaca beberapa surah.

“Tergantung yang mana kecendrungan jemaah. Yang pasti penyelenggaraan di mulai magrib hingga subuh,” ujarnya.

Ketua One Masjid One Hafiz Indonesia, Sentut Abu Thoriq mengatakan, dari delapan masjid yang telah dijadwalkan empat diantaranya di Makassar. Pertama 8 April di masjid Yazin Dg Tata, 15 April masjid Nur Asia, 22 April masjid Al-Insani, dam 29 April Nurul Ilmi. (edo/*)

News Feed