English English Indonesian Indonesian
oleh

BPOM Makassar: Produk Kosmetik Ilegal Banyak Beredar

Hal seperti inilah yang mesti dipahami masyarakat agar tidak mudah percaya klaim atau iming-iming seperti halnya kosmetik memutihkan dengan cepat namun sejatinya tidaklah benar.

Ia pun menyarankan pentingnya chek klik (pengecekan) awal sebelum membeli sebuah produk kosmetik, mau itu dari label, kemasan, kedaluwarsa, izin edar, dan cek bahan yang terkandung.

“Paling simpel kita harus lihat izin edarnya. Kalau ada, berarti itu sudah terdaftar di Badan POM. Karena ada evaluasi dan laporan yang sudah diteliti dengan baik,” terangnya.

Ijin edar sangat mudah ditemui dilabel produk. Ada kode ijin edar yang mesti diketahui seperti bertuliskan BPOM RI dengan nomor kode resmi.

“Harus ada kode BPOM RI bernomor NA,NB,NC,ND dan NE. Yang jelas mesti ada salah satu dari kode ini dilabel kemasan, entah itu NA atau NC yang diikuti huruf sebanyak sembilan digit,” ucapnya.

Kebenaran kode itu, lanjut dia, bisa dicek kembali melalui aplikasi yang mudah ditemukan di play store bernama BPOM Mobile dan Cek BPOM.

Diakuinya, pengecekan dengan aplikasi BPOM mobile bisa mengetahui kebenaran produk lewat scan barcode dilabel produk sehingga muncul data rincian keaslian kosmetik. “Dari kedua aplikasi ini sangat membantu kita menentukan mana produk yang aman. Apabila tidak terdaftar akan terlihat jelas ketidak aslian produk,” tutupnya. (muh/ham)

News Feed