English English Indonesian Indonesian
oleh

IMSI Unhas Teliti Tradisi A’lanja hingga Eksplorasi Air Terjun Pung Bunga di Maros

MAKASSAR, FAJAR-Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia (IMSI) Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (KMFIB) Unhas akan menggelar Bakti Sosial (Baksos) dan Penelitian. Baksos dan penelitian itu melibatkan mahasiswa baru angkatan 2021 yang diberi nama “Eksplorasi 21”.

IMSI memusatkan kegiatannya di dataran tinggi Dusun Baru, Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Jumat-Minggu, 25-27 Maret 2022. Dipilihnya Desa Bonto Manurung karena desa tersebut memiliki daya tarik yang otentik, dari wisata alam dan budaya lokal yang masih terpelihara.

“Selain wisata alamnya yang indah dan menenangkan seperti Air Terjun Pung Bunga, desa ini juga masih menjaga keotentikannya, salah satunya permainan A’lanja atau bisa juga disebut Assilanca,” ujar Ketua panitia pelaksana, Muh. Alief, Kamis, 24 Maret.

Menurut mahasiswa Sastra Indonesia ini, A’lanja merupakan permainan tradisional khas masyarakat Tompobulu. Permainan ini dilakukan dengan mengadu kaki dan betis.

Permainan ini dilakukan oleh kaum pria ketika perayaan pesta panen sebagai simbol jerih payah selama berbulan-bulan bekerja di sawah. “A’lanja akan menjadi salah satu objek penelitian para peserta nantinya di lokasi kegiatan,” tuturnya.

Mahasiswa angkatan 2020 ini menambahkan, sejauh ini kesiapan panitia sudah mancapai 70 persen. Rencananya peserta baksos dan penelitian akan berangkat, Jumat, 25 Maret dan dilepas di Fakultas Ilmu Budaya Unhas.

Sebelum berangkat ke lokasi kata Alief, peserta dengan bantuan KSR PMI Unhas, telah melakukan medical check up untuk melihat kondisi fisik dan kesehatan peserta. Berdasarkan data pemeriksaan kesehatan, dari 41 peserta, ada 3 orang peserta yang perlu pengawasan khusus, dan dua lainnya dalam kondisi yang kurang sehat.

News Feed